Tertinggi Nasional, 6.660 Polisi dan ASN Polda Sultra Divaksin dalam Tempo 3 Hari

Kapolda Sultra, Irjen Yan Sultra Indrajaya, mendorong pemerintah daerah agar giat melakukan suntik vaksin bagi kelompok masyarakat guna meningkatkan kekebalan imun dari tularan Covid-19. Contoh telah diberikan di lingkup Polda Sultra, dalam tempo 3 hari sudah berhasil memvaksin 94,27 persen anggota polisi dan ASN. Tertinggi secara nasional.

SULTRAKINI.COM: Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Irjen Yan Sultra Indrajaya, menjelaskan sebanyak 6.660 anggota Polri dan ASN di lingkungan Polda Sultra telah menjalani suntik vaksin Covid-19, atau sudah sebantak 94,27 persen dari target total 7.065 orang.

Dari jumlah itu, tercatat sebanyak 4.295 yang sudah disuntik lengkap (dua kali), sedangkan sisanya sebanyak 2.365 masih menunggu giliran untuk suntik tahap dua. Capaian ini disebut sebagai tertinggi bila dibandingkan Polda lainnya di Indonesia.

Adapun sisa anggota polisi dan ASN yang belum melaksanakan vaksin sebanyak 5,73 persen disebabkan oleh beberapa hal, seperti ada yang sementara melaksanakan dinas luar kota, mengikuti pendidikan, serta ada yang mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi.  

Namun demikian, pihak Polda Sultra hingga saat ini terus melakukan vaksinasi bagi anggota polisi dan ASN yang sudah memenuhi syarat.  Sebab sebagai pelayan masyarakat, Polri sering bersentuhan langsung dengan warga.

“Polri merupakan garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata Kapolda Sultra.

Sebelumnya Kapolda Sultra  telah meng instruksi kepada semua Kapolres agar ikut berpartisipasi membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan vaksinasi guna mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Kapolda Sultra menjelaskan, pemberian vaksin akan menciptakan kekebalan imun bagi masyarakat, sehingga semakin banyak masyarakat yang divaksin maka semakin tinggi cakupan untuk mencapai kekebalan kelompok masyarakat.

Dalam beberapa pekan terakhir, Kapolda Sultra terlihat sangat aktif mengunjungi tempat-tempat vaksin massa di berbagai tempat, seperti hotel dan tempat-tempat perbelanjaan yang ada di dalam Kota Kendari.

Penanganan pandemi Covid-19 merupakan program kerja Kapolri sehingga setiap Polda wajib menyukseskan program tersebut.

“Kita dorong pemerintah untuk giat melakukan vaksinasi,” tegasnya.

Guna mendorong percepatan vaksinasi tersebut, Polda Sultra telah menyiapkan puluhan tim vaksinasi yang siap membantu kapan saja apabila dibutuhkan oleh pemerintah daerah.

“Polda Sultra siap untuk mengerahkan tim vaksinasi dari Mabes Polri,”kata Yan Sultra usai melakukan peninjauan vaksinasi massal di salah satu hotel di Kendari pekan lalu.

Wakapolda Sultra Brigjen. Pol. Drs. Waris Agono, M.Si, secara teknis menjelaskan pihak Polda telah mempersiapkan sebanyak 174 anggota sebagai tenaga vaksinator, yang akan membantu tenaga kesehatan lainnya dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19.

Sebanyak 174 vaksinator itu saat ini berada di Rumah Sakit Bhayangkara dan seluruh Polres.

“Untuk vaksinasi personel Polri, Polda Sultra menduduki peringkat pertama untuk seluruh Indonesia. Hal ini bisa dicapai karena dilakukan secara massal hanya dalam 3 hari,” kata Waris seperti dikutip media massa.

Editor: M Djufri Rachim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.