SUARA

Video Pegadaian Sambut HUT RI Dibuat di Destinasi Wisata Keren

SULTRAKINI.COM:BANTUL – Spirit Co Branding Wonderful Indonesia yang diinisiasi Menpar Arief Yahya terus bergulir cepat! Perusahaan swasta nasional menyambut promo bersama sekaligus menduniakan pariwisata Indonesia itu dengan antisias. Setelah 28 perusahaan melakukan penandatanganan MoU, 10 Agustus 2017 lalu, masih banyak yang antre.

Bahkan, ada yg langsung bergerak, menjadikan destinasi wisata sebagai materi promosi. “Keren! Terima kasih, yuk berkolaborasi bersama, dalam semangat Indonesia Incorporated!” ungkap Menpar Arief Yahya. 

Satu lagi, untuk menyambut perayaan HUT Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia, PT Pegadaian (Persero) membuat video untuk menggambarkan perkembangan perusahaan tersebut. BUMN sektor keuangan yang bergerak pada bisnis pembiayaan, emas dan aneka jasa ini menggarap video pendek dengan judul “Transformasi Tiga Zaman, Membangun Kemandirian Ekonomi Dalam Rangka Mengisi Kemerdekaan.”

Menariknya, penggarapan video ini dilakukan dengan mengambil lokasi di sejumlah tempat yang selama ini menjadi destinasi dan menarik minat wisatawan. Lokasi yang dipilih adalah Purworejo, Sleman, dan Bantul. Lokasi ini merupakan destinasi wisata alam, heritage maupun kuliner di wilayah tersebut.

Pengambilan gambar untuk menggambarkan adanya nelayan yang menjadi nasabahnya, dilakukan di Pantai Depok, Bantul. Di pantai ini, ada pasar ikan, ada pula tempat pembelian ikan langsung dari nelayan yang baru mendarat. Saat pengambilan gambar dilakukan pada Minggu, 13 Desember 2017, pantai ini dipadati pengunjung sejak pagi.

Para pengunjung terlihat berlarian merubung perahu nelayan yang baru mendarat dari melaut. Mereka langsung menawar ikan-ikan hasil tangkapan nelayan tersebut. Pantai Depok yang berada di sebelah Barat Pantai Parangtritis ini memiliki daya tarik pada hasil laut yang bisa langsung dibeli. Hasil laut tersebut bisa dimasak di tempat atau dibawa pulang.

yamaha

Sedang untuk pengambilan gambar nasabah petani, dilakukan di sawah yang ada di kawasan Desa Wisata Mina Padi, Cibuk Kidul, Godean, Sleman. Turun di sawah “berlumpur ria” merupakan salah satu paket wisata yang diminati wisatawan. Baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Begitu pula pengambilan gambar untuk nasabah Pegadaian dari kalangan UMKM. Lokasi syuting di tempat pengolahan ikan yang juga menjadi jujugan wisatawan. Di tempat ini, para pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan ikan dan berbagai produk lainnya. “Baru saja ada rombongan dari Desa Wisata Mina Padi yang ke sini,” ujar Warti, pemilik usaha pengolahan ikan itu.

Yang juga menarik adalah lokasi syuting untuk menggambarkan perjalanan panjang BUMN yang terkenal dengan semboyan Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah ini. Yakni, sebuah bangunan tua yang menjadi cagar budaya di daerah Tempel, Sleman. Bangunan tersebut adalah Gedung Pegadaian Unit Tempel yang sudah ada sejak tahun 1913. Bangunan ini kini sedang dipugar oleh Dinas Kebudayaan Sleman untuk dijadikan museum.

Bangunan ini menunjukkan kejayaan Pegadaian. Ada bangunan panjang dengan jendela loket hingga 12 buah. Kemudian ada ruang penyimpanan barang gadai yang begitu luas serta brankas kuno yang besar dan kuat untuk  menyimpan barang berharga. 

Video pendek ini menggambarkan perkembangan PT Pegadaian dalam melayani berbagai lapisan masyarakat. Tempat-tempat pengambilan gambar yang dipilih memperkuat tampilan video ini menjadi lebih menarik untuk dilihat. Berbagai pesona yang ditunjukkan dalam gambar, menegaskan betapa Indonesia memang indah. 


Kemenpar RI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.