Bunda, Buah-Buahan Ini bisa Membantu Melancarkan ASI

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto Suara.com)

SULTRAKINI.COM: Menjadi orang tua pasti ingin mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan baik. Apalagi sebagai ibu yang menyusui, pasti ingin memastikan produksi ASI yang cukup untuk kebutuhan si kecil.

Dilansir dari HaiBunda, makan protein tanpa lemak, beragam sayuran, dan biji-bijian sangat penting untuk ibu menyusui serta membantu menjaga suplai ASI dengan baik.

Dua porsi buah perhari juga dapat memberikan ibu menyusui dan bayinya nutrisi. Berbagai buah dapat dikonsumsi untuk memaksimalkan aliran ASI seperti buah-buahan berikut ini.

Alpukat

Buah alpukat sangat bagus untuk kesehatan tubuh termaksud saat menyusui. Asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan asam lemak omega 9 dalam alpukat membantu menghasilkan ASI yang sangat banyak untuk si kecil.

Alpukat juga kaya akan asam folat serta vitamin C, vitamin E, dan potasium, di mana semuanya membantu si kecil tumbuh dan berkembang. Mengonsumsi buah juga membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Stroberi

Stroberi tidak hanya lezat tetapi dikemas dengan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam perkembangan anak. Buah ini penuh dengan zat besi, vitamin, dan kandungan airnya yang tinggi membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik saat menyusui.

Pisang

Pisang kaya akan vitamin dan mineral. Buah ini juga berkalori tinggi di mana membantu mengatasi rasa lapar saat menyusui dan membantu meningkatkan kadar asam folat.

Baca:   Dua Jokowi KW Hadir pada Pernikahan Kahiyang Ayu

Terlebih lagi, pisang mengandung potasium yang membantu bunda dalam mempertahankan kadar cairan dan elektrolit sehingga aliran ASI terjaga dengan baik.

Sawo

Sawo merupakan buah yang bagus untuk ibu menyusui. Selain tinggi kalori, sawo menghasilkan lebih banyak ASI untuk si kecil. Tidak hanya itu, sawo kaya vitamin A dan C, serta membantu pencernaan dan menyediakan antioksidan.

Blueberry

Blueberry dikenal karena sifat antioksidannya yang luar biasa. Meskipun jumlah yang masuk ke bayi melalui ASI tidak diketahui, antioksidan memang menular ke bayi melalui ASI. Blueberry juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, K, dan kalsium, serta potasium.

Mangga

Mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K. Kandungan serat dan potasium di dalamnya juga membantu ibu menyusui mengisi kembali nutrisinya. (C)

Laporan: Tian
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan