Minggu Pagi: Wundulako di Kolaka Dua Kali Diguncang Gempa, Ini Perbedaannya

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Gempa mengguncang wilayah Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Minggu (15 Mei 2022). Kejadiannya berlangsung dua kali di pagi ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau wilayah Wundulako dilanda dua kali gempa dengan catatan waktu pukul 06:42:04 Wita dan pukul 07:40:27 Wita.

Gempa pertama maupun kedua memiliki magnitudo berbeda, yakni 4,2 kemudian 2,7. Namun masih dikategorikan gempa dangkal.

Perbedaan masing-masing gempa juga terletak pada koordinat, jarak, dan kedalamannya. Guncangan pertama berada pada koordinat 4.11 LS, 121.64 BT. Berikutnya dikoordinat 4.12 LS, 121.67 BT.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, menyampaikan gempa pertama dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Kolaka hingga Kabupaten Kolaka Timur. Sementara guncangan kedua dirasakan beberapa warga di wilayah Kolaka.

“Gempa kedua merupakan gempa susulan dari magnitudo 4,2 (gempa pertama) pukul 06.42 Wita pada 15 Mei 2022,” jelasnya.

Perbedaan berikutnya, jarak gempa pertama 4,2 kilometer, barat laut Wundulako dan kedalaman empat kilometer. Sedangkan gempa susulannya berada pada jarak 1,1 kilometer, barat daya Wundulako dan di kedalaman dua kilometer.

Sementara persamaan dari masing-masing gempa, yakni berlokasi di darat dan dipicu aktivitas Sesar Kolaka.

“Gempa pertama dan kedua tidak berpotensi tsunami,” tambah Rudin.

Baca:   Laut Buton Diguncang Gempa Bumi 4,2 SR

Menyangkut kerusakan akibat guncangan gempa, pihak BMKG belum mendapatkan laporan dari masyarakat hingga kini.

Meski begitu, warga diimbau tetap tenang, tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diharapkan menghindari bangunan rusak akibat gempa.

Laporan: Sarini Ido

  • Bagikan