Safari Ramadan Pemda Koltim Berawal dari Daerah Terjauh, Semua Kecamatan akan Dikunjungi

  • Bagikan
Safari ramadan Pemda Koltim 1442 H. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara mengawali safari ramadan 1442 Hijriah di dua kecamatan terjauh di wilayah setempat dengan dipimpin Plt Bupati Koltim, Andi Merya Nur bersama Ketua TP PKK Diana Samsul Bahri SP, dan Wakil Ketua DPRD Koltim Rahmatia Lukman.

Dua kecamatan terjauh dikunjungi Pemda Koltim adalah Ueesi dan Uluiwoi. Tepatnya Desa Likuwalanapo, Kecamatan Ueesi pada Sabtu (17/4/2021), serta Kelurahan Sanggona, Kecamatan Uluiwoi pada Minggu (18/4/2021).

Selain Salat Tarawih berjemaah, di kesempatan safari ramadannya itu Andi Merya yang juga ketua safari ramadan berbincang-bincang dengan masyarakat setempat, sekaligus dirangkaikan dengan penyaluran bantuan pembangunan masjid. Terkhusus di Likuwalanapo, Ketua TPP PKK menyerahkan busana muslim.

Safari ramadan Pemda Koltim 1442 H. (Foto: Ist)

Plt Bupati Koltim mengatakan, dirinya merasa bahagia bisa mengikuti safari ramadan tahun ini. Sebab, kegiatannya berada di bulan ramadan yang memiliki nilai-nilai keutamaan untuk meningkatkan keimanan, kepedulian sosial terhadap sesama manusia.

“Di bulan suci ini Allah SWT mewajibkan kepada kita seluruh umat Islam untuk berpuasa sebulan penuh. Melalui ibadah puasa ramadan, Allah SWT ingin mendidik kita untuk menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa,” ucapnya.

Ajakan Pemda Koltim

Safari ramadan Pemda Koltim 1442 H. (Foto: Ist)

Ia juga mengajak masyarakat umat Islam mewujudkan sejumlah hal selama ramadan. Pertama, Hiasilah bulan ramadan dengan meningkatkan kualitas iman dan amal saleh dengan cara memperbanyak zikir, salat berjamaah di masjid, baca Quran, dan amaliah-amliah ramadan lainnya.

Baca:   Ratusan Mahasiswa IAIN Kendari KKN di Koltim, Pemda: Tetap Disiplin Prokes

Kedua, cegah dan jauhkan diri dari segala bentuk penyakit masyarakat, seperti minum-minuman keras, perjudian, prostitusi, narkoba, dan segala jenisnya. Ketiga, hidupkan suasana silaturahim, kuatkan rasa persaudaraan, hilangkan saling sengketa dan permusuhan sehingga terbina persatuan dan kesatuan demi kelanjutan pembangunan di dearah Kolaka Timur yang tercinta.

“Saya juga mengimbau kepada lapisan masyarakat untuk menggalakan zakat, infaq, dan sedekah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seorang muslim yang memiliki kewajiban berzakat, lalu enggan menunaikannya, belumlah dapat dinyatakan sempurna keislamannya,” tambahnya.

Di sela-sela safari ramadan tersebut, Pemda Koltim mengajak masyarakat bersama-sama membangun daerah sebagaimana visi dan visi pemda guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat ke depannya.

Kegiatan safari ramadan Pemda Koltim 2021 bernuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu berpusat di satu kecamatan. Nantinya, semua desa/kelurahan akan dikunjungi tim safari ramadan dari semua OPD lingkup Pemda Koltim. (C)

Laporan: Hasrianty
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan