Wilayah Konda di Konsel Gempa Jumat Pagi, BMKG: Lokasi di Darat, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Gempa tektonik bermagnitudo 2,6 mengguncang timur laut Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Jumat (9/7/2021) pukul 07:25:33 Wita.

Pantauan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa berlokasi di darat pada jarak 1,3 kilometer dan kedalamannya 2 kilometer.

Monitoring gempa di Kota, Kabupaten Konawe Selatan. (Foto: BMKG)

Meski dikategorikan gempa dangkal, getarannya cukup keras dirasakan sejumlah masyarakat di Ranomeeto dan Konda dengan intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, getaran dirasakan seakan-akan ada truk berlalu. Di satu sisi, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, menjelaskan gempa dipicu aktivitas Sesar Kendari segmen central di timur laut Konda, Kabupaten Konsel. Gempa juga tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 07.50 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diimbau juga menghindari bangunan retak akibat gempa,” ucapnya.

Editor: Sarini Ido

Baca:   BMKG: 47 Kali Susulan Pascagempa Kuat di Ternate
  • Bagikan