Dua SLB Kendari Ikuti UN 2017 Tingkat SMA

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ujian Nasional tingkat SMA sederajat serentak dilaksanakan di Kota Kendari, Senin (10/04/2017). Seperti halnya Sekolah Luar Biasa (SLB) tingkat SMA diikuti dua sekolah SMALB di Kota Kendari.

Kedua SMALB dari lima SLB di Kota Kendari pelaksana UN, yakni SLB Mandara dan SMALB Nurhidayah. Total peserta terdata enam siswa yang terdiri dari lima siswa SLB Mandara dan satu siswa SMALB Nurhidayah.

Kepala SLB Mandara, Sunanto Wibowo mengatakan, waktu pelaksana UN berbeda dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan panduan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) SMA sederajat, jadwal kini dilaksanakan sejak 10-13 April pukul 10.30 Wita-12.30 Wita dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

“Saya juga kurang tahu kenapa berubah. Kita hanya mengikuti panduan,” katanya, Senin (10/04/2017).

Kantor Bulog Raha

Dijelaskan Sunanto, kelima siswa peserta UN telah memiliki keahlian masing-masing. Apalagi mereka dipersiapkan mandiri seperti masyarakat pada umumnya. Ia merincikan satu persatu siswanya, Ahmad Irfan adalah siswa tuna rungu dengan keterampilan dibidang pertukangan dan otomotif, Debora Patasik seorang tuna rungu terampil dibidang entertaiment, Muhammad Sidiq Akbar Nugraha siswa tuna daksa yang ikut lomba literasi di Pangkal Pinang. Ia juga kabarnya akan melanjutkan pendidikan usai lulus di SLB Mandara. Selanjutnya Sarmadan Hasdianyah, siswa tuna daksa yang dikenal multi talenta, tatapi ia lebih terampil dibindang tata busana dan Zunawan siswa tuna rungu yang terampil dibidang otomotif.

“Mereka di ajari bahasa ketunaannya dan bekal keterampilan,” jelas Sunanto.

Sedangkan peserta UN SMALB Nurhidayah diikuti satu siswa bernama Muhdar dengan ketunaannya, yaitu tuna rungu.

Rata-rata UN diikuti pihak sekolah masih secara manual atau menggunakan kertas seperti tahun-tahun sebelumnya. Terdata sekitar 58 SLB yang ada di Sulawesi Tenggara.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.