Pilkada koltim

FISIP UHO Ajak Warga Tak Takut Covid-19 untuk ke TPS Pilkada

Bagi sebahagian masyarakat masih pikir-pikir untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 9 Desember 2020. Berpotensi menurunkan angka partisipasi pemilih. FISIP UHO pun melakukan pengabdian masyarakat untuk meyakinkan warga agar mau datang ke-TPS karena KPU telah membuat protap sesuai standar kesehatan covid-19.

SULTRAKINI.COM: Sebanyak 50 masyarakat Desa Ambaipua, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara mengikuti kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa Ambaipua dlm Pilkada Susuai dgn Prosedur Tetap (Protap) Covid-19.

Kegiatan diselenggarakan oleh Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggandeng komisioner KPU Kota Kendari, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Desa Ambaipua pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak 9 Desember 2020.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat FISIP UHO terdiri Dr.La Ode Muh. Syahartijan,.S.Sos.,M.Pd (Ketua), Iriyani Astuti Arief .S.IP.,M.SI (Anggota), dan Dian Trianita Lestari S.Pd.,MA (Anggota). Sedangkan narasumber utama adalah KordinatorDivisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kota Kendari Dr.Asril.,S.Sos.M.Si.

Kegiatan berlangsung di Balai Desa Ambaipua, turut dihadiri Kepala Desa Ambaipua, Marman,S.Sos, pada Senin (19 Oktober 2020).

Iriyani Astuti Arief kepada SultraKini.com menjelaskan sosialisasi ini penting mengingat banyak warga yang enggan menggunakan hak pilihnya karena takut terjangkit covid-19 pada saat berada di tempat pemungutan suara nanti.

Pilkada

Padahal pihak KPU telah mengantisipasi pelaksanaan setiap tahapan Pilkada taat protokol kesehatan Covid-19.

“Misalnya menyediakan bilik khusus bagi warga desa yg suhu tubuhnya di atas 37derajat,” kata Iriyani.

Hal lain yang disampaikan pada kesempatan itu adalah mensosialisasikan cara-cara memilih selama masa Pandemi.

Kemudian mengajak masyarakat Desa Ambaipua, untuk tetap datang ke TPS, tdk perlu takut dan khawatir untuk memilih meskipun dlm masa pandemi.

Karena KPU sudah mempersiapkan sedemikian baik, tata cara memilih selama masa pandemi.

Laporan: M Djufri Rachim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.