Pilkada koltim

Kenali Penyuluh Agama dan Perannya di Tengah Masyarakat Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kementerian Agama Kota Kendari memberikan pembekalan terhadap para penyuluh agama yang tersebar di Kota Kendari, Rabu (24/4/2018). Acara sapa penyuluh agama itu, mengulas tugas sampai materi pembangunan agama di lingkungan masyarakat.

Kepala kantor Agama Kendari, Samsuri mengatakan penerangan pembangunan agama perlu melibatkan peran semua pihak, salah satunya penyuluh agama. Terdapat delapan fungsi penyuluh agama, di antaranya penyuluhan pengentasan baca tulis Al Quran, pemberdayaan keluarga sakinah, pemberdayaan zakat, pemberdayaan wakaf, pemberantasan narkoba, pemberantasan HIV, pemberantasan radikalisme dan aliran sempalan, serta pengawasan produk halal.

“Diharapkan bisa ketemu langsung mereka (penyuluh), bisa mendengarkan apa keluhan kesah mereka, kendala-kendala ketika bertugas di masyarakat, apa warna keberadaan masyarakat dari segi keagamaan, juga bisa terjalin kelompok antara kami,” ucap Samsuri usai kegiatan sapa penyuluh di kantor Kanwil Agama Kota Kendari.

Jumlah penyuluh agama sebanyak 97 orang, 17 di antaranya Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebar di sepuluh kecamatan di Kota Kendari.

Pilkada

“Di Kendari kan ada 11 kecamatan, tetapi kantor urusan agama (KUA) baru ada sepuluh kantor, minus kecamatan Abeli belum ada. Satu kecamatan itu delapan orang tenaga penyuluh, mereka berkantor di masing-masing kantor urusan agama,” terangnya.

Dirinya berharap, para penyuluh bisa meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat Kota Kendari.

“Sampai saat ini belum ada kenaikan tunjangan, untuk tenaga penyuluh. Namun presiden sudah menjanjikan itu, kementerian sudah menindaklanjuti hal tersebut mudah-mudahan tahun 2019 bisa terealisasikan,” ucapnya.

 

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.