Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Kendari Optimis Sekolah LSS menjadi Duta Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kota Kendari optimis sekolah peserta Lomba Sekolah Sehat menjadi duta Sulawesi Tenggara. Hal ini melihat persiapan sekolah sebelum tim provinsi melakukan penilaian secara resmi.

“Hasil pantauan kami sebelum dinilai tingkat provinsi, empat sekolah sasaran sudah sangat siap. Kami berharap, semua sekolah menjadi duta Sultra di kanca-nasional tapi dengan cara-cara bermartabat,” ucap Tim Pembina UKS Kota Kendari, Makmur, Kamis (23/5/2019).

Asisten I Pemkot Kendari itu menambahkan, berdasarkan pengalaman dua tahun sebelumnya, SMPN 15 dan SMPN 5 Kendari lolos dalam LSS nasional. Tahun ini, pihaknya bertekad semua sekolah perwakilan Kendari menjadi duta Sultra di kanca-nasional.

“Kendati demikian, penetapan sekolah yang mewakili Sultra dalam LSS nasional, kami kembalikan pada hasil penilaian tim penilai tingkat provinsi,” tambahnya.

Koordinator Tim Penilai Provinsi LSS di Kota Kendari, Hasbi, SKM, M.Kes, mengatakan hal utama diperhatikan dalam penilaian LSS pada dasarnya tertuang dalam trias UKS. Item penilai terbesar adalah lingkungan, pendidikan kesehatan, dan pelayanan kesehatan.

“Dalam pendidikan apakah dilakukan pelatihan untuk kesehatan, kemudian apakah ada petugas kesehatan yang pemeriksaan kesehatan di sekolah. Sementara untuk lingkungan sekolah sehat, apakah sekolah itu rutin membersihkan dalam lingkungan sekolah,” jelasnya.

Hal penting lainnya seperti adanya ruang UKS di sekolah yang didukung sarana kotak P3K dan P3P. UKS harus memiliki program kerja yang jelas disertai bukti dokumentasi dari semua kegiatan yang dilaksanakan.

“Kami berharap UKS di sekolah aktif, tidak hanya sekadar menyediakan ruang UKS. Olehnya itu, kami akan melihat dokumentasi UKS dalam dua tahun terakhir,” sambungnya.

Untuk diketahui, sekolah yang mewakili Kota Kendari dalam LSS tingkat provinsi 2019 adalah TK Tunas Makarti, SDN 93 Kendari, SMP Islam Terpadu Al Qalam dan SMAN 4 Kendari. (Adv)

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.