Melalui Webinar UMK Perkenalkan Geoteknik dalam Kegiatan Pertambangan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Kendari menyelenggarakan webinar dengan tema “Pengenalan dan Aplikasi Geoteknik dalam Kegiatan Pertambangan”.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta, Himpunan Prodi Teknik Pertambangan Muhammadiyah Kendari, Perhapi Sultra, dan GroundProbe.

Sebanyak 291 peserta yang mengikuti webinar berasal dari akademisi, praktisi dan mahasiswa yang tersebar Seluruh Indonesia.

Pembicara dalam kegiatan webinar yaitu Dr.Ir. Barlian Dwinagara, selaku Dosen Teknik Pertambangan dan juga sebagai wakil dekan Bidang akademik Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Pembicara kedua Rachmat HM, selaku Manajer Geoteknik GroundProbe dan juga sebagai dosen luar biasa Prodi Teknik Pertambangan Universitas Muhammadiyah Kendari. 

Dr.Ir. Barlian Dwinagara, MT memaparkan aspek-aspek permodalan geoteknik yang harus dipahami oleh mahasiswa. 

Ia mengatakan model adalah representasi dari suatu kontruksi yang dibuat dalam ukuran yang lebih kecil, dengan tujuan untuk memudahkan analisis dalam melakukan prediksi pengaruh perubahan pada sistem.

“Pembuatan model harus mendekati kondisi sebenarnya dan menampilkan penampilan yang menonjol, karena model yang baik merupakan titik temu antara realistik dan penyederhanaan,” kata Barlian, saat membawakan materi, Rabu (24/6/2020).

gemilang simpeda bank sultra

Lanjut Barlian, mahasiswa harus paham suatu model yang dibuat memerlukan adanya teknik validasi model mensimulasikan kondisi input yang diketahui dan membandingkan dengan output model dan sistem.

Dikesempatan yang sama Manajer Geoteknik GroundProbe, Rachmat,  sebagai pemateri kedua memaparkan tujuan utama dan fungsi geoteknik dalam industri pertambangan. 

Rachmat menjelaskan, tujuan geoteknik yakni mengelola semua bahaya geoteknik untuk mencapai target produksi, keselamatan dan lingkungan. Kemudian identifikasi peluang untuk meningkatkan aspek geoteknik dari desain tambang.

“Lalu geoteknik dapat memberi saran tepat waktu kepada manajemen tambang tentang perlunya mengubah desain tambang,” kata Rachmat.

Geotekni mengelola semua bahaya untuk mencapai target produksi, keselamatan dan lingkungan, Identifikasi peluang untuk meningkatkan aspek geoteknik dari desain tambang.

“Peran dan geoteknik sendiri yakni memberi saran tepat waktu kepada manajemen tambang tentang perlunya mengubah desain tambang,” ungkapnya. 

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

Klik untuk daftar event

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.