Momen Almarhumah Yati Lukman Abunawas Sebelum Wafat

SULTRAKINI.COM: Istri Lukman Abunawas, Yati Lukman Abunawas meninggal diusia 59 tahun, akibat penyakit Hepatitis B yang dideritanya sejak Ramadan 1440 Hijriah.

Dalam kutipan buku Lukman Abunawas: Merakyat dalam Kesederhanaan, tulisan Yusran Taridala, 2015, di beberapa kesempatan, Almarhumah Yati nampak mendampingi sang suami di sejumlah kegiatan pemerintahan. Apalagi, sejak Lukman Abunawas menduduki kursi orang nomor satu di Konawe.

Wanita kelahiran Wawotobi, 9 September 1959 ini, bernama lengkap Hj. Yati Pisi, S.Ip lahir dari pasangan H. Pisi-Hj. St. Norma.

H. Pisi merupakan seorang darah campuran Cina-Tolaki yang menggeluti usaha retal (memiliki kios besar) serta usaha pengumpulan dan penjualan rotan di Wawotobi.

Sedangkan Hj. St. Norma adalah putri dari seorang bangsawan Kasipute (Wawotobi) yang bersaudara kandung dengan Hj. Siti Aminah istri Abd. Rasak Porosi (mantan Bupati Kendari 1993-2003).

Almarhumah Yati selama ini menjabat sebagai anggota DPRD Sultra periode 2014-2019 Dapil Konawe-Konawe Utara melalui Partai Nasdem. Meski di tengah kesibukan sebagai anggota dewan, ia tetap menyempatkan diri mendampingi suami yang berkantor di Kota Kendari.

Kesetiaan Almarhumah mendampingi Lukman Abunawas tertulis dalam buku tersebut. Seperti ikut merantau bersama suami ke Makassar pada akhir tahun 1977 hingga 1983, usai menamatkan pendidikan di bangku SD pada 1974 dan taman SMP pada 1977.

yamaha

Ia sempat menunda melanjutkan pendidikan ke bangku SMA. Selama masa itu, wanita lima anak ini mengikuti kursus kecantikan salah satu salon di Makassar, sambil membantu suami mencari penghasilan tambahan dari usaha berjualan kue di kantin SMP Ramayana Makassar dan membuka usaha jasa gunting rambut kecil-kecilan di rumah kontrakan mereka di Maros. Kala itu, Lukman menjadi PNS di Pemda Maros golongan II/a).

Almarhumah bersama dua anaknya diboyong suami menetap di Kendari pada 1983. Di waktu inilah ia melanjutkan pendidikan SMA di Wawotobi dan tamat pada 1984. Sementara gelar pendidikan S1 diperoleh pada 2002.

Terkait karier politiknya, Almarhumah mengawalinya dengan masuk sebagai anggota Partai Nasdem menjelang pemilu legislatif 2014. Alumni Universitas Terbuka Jurusan Ilmu Pemerintahan ini, akhirnya menduduki kursi anggota DPRD Sultra sampai saat ini.

Sosok Yati Lukman Abunawas kini tinggal nama. Ia meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, akibat penyakit Hepatitis B pada Kamis (27 Juni 2019) dini hari.

Almarhumah dikabarkan akan dikebumikan di Kelurahan Konawe, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe atau di kediaman orang tua ayahanda, H. Pisi.

Terakhir kali Almarhumah terlihat di hadapan masyarakat Sultra pada Open House Idul Fitri 1440 Hijriah di Kendari mendampingi sang suami Lukman Abunawas untuk open house di Rujab Wagub sampai berakhir acara pada 10 Juni lalu. Usai agenda itu, Almarhumah kembali berobat ke Makassar.

(Baca: Istri Lukman Abunawas Dikabarkan akan Dikebumikan di Konawe)

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.