Pemkot Kendari Lanjutkan Rencana Relokasi Pedagang eks Pasar Panjang

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari berencana melanjutkan relokasi pedagang eks Pasar Panjang yang berada di Kelurahan Sorumba. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengaku akan berupaya agar relokasi berjalan aman dan tanpa paksaan.

Persoalan relokasi pedagang eks Pasar Panjang sebelumnya dibawa ke meja DPRD Kota Kendari guna membicarakan kesepakatan melalui dialog bersama pedagang.

“Kita sedang dialog, komunikasi kita sedang cari waktu tepat untuk kita pembinaan sukarelawan kepada pedagang. Sementara kita tata kemungkinan akan dipindahkan di Pasar Wuawua,” ucap Sulkarnain kepada Sultrakini.com, Rabu (26/6/2019).

(Baca: Soal Pasar Panjang, Pemkot-DPRD Kendari Buat Kesepakatan)

Kemungkinan, kata dia akan ada waktu diberikan bagi pedagang untuk pindah sendiri tanpa harus pemindahan langsung.

yamaha

“Seperti itulah kita upayakan mereka bisa pindah sendiri,” lanjutnya.

Menindaklanjuti rencana relokasi tersebut, Pemkot sudah melayangkan pemberitahuan kepada pedagang. Namun, pemindahan langsung oleh Satuan Polisi Pamog Praja sebagai penegak Perda masih menunggu perintah Wali Kota Kendari.

Penelusuran Sultrakini.com pada Kamis (27 Juni 2019), pedagang eks Pasar Panjang masih enggan pindah dari Pasar Panjang dengan alasan tidak adanya lokasi yang akan ditempati pedagang di Pasar Sentral Wuawua.

Aktivitas jual beli juga masih terlihat di lokasi ini, meski tidak berada di bahu jalan atau mereka menempati los-los pedagang yang dibangun selayaknya pasar.

“Surat pemberitahuan pernah masuk sebelum lebaran, kalau tidak salah itu sekitar tanggal 25 bulan kemarin, tapi bagaimana kita mau pindah kalau tidak ada tempat di sana, tidak mungkin kita mau tempati kiosnya orang,” ujar salah satu pedagang eks Pasar Panjang yang tidak ingin disebutkan identitasnya, Kamis (27/6/2019). (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.