Festival Pesona Budaya Tua Buton

Pengganti 7.652 Surat Suara Rusak Baru Tiba, Logistik Pemilu di Wakatobi Didistribusikan

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wakatobi baru mendistribusikan logistik pemilu ke Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko pada Senin (15/4/2019) sore.

Pendistribusian baru dilakukan karena kekurangan surat suara sebanyak 7.652 saat penyortiran, baru tiba di Wakatobi, Senin (15/4/2019) pagi.

“Kekurangan surat suara, kita baru jemput di Amulengo (Pelabuhan Fery Amulengo), baru tiba tadi pagi. Selanjutnya kami sortir dan lipat dan kita lakukan pengepakan untuk masuk dalam kotak suara. Karena itulah kami baru lakukan distribusi logistik karena masih menunggu kekurangan surat suara.” Kata Ketua KPUD Wakatobi, Abdul Rajab.

Abdul Rajab mengatakan, berdasarkan jadwal pendistribusian surat suara paling lambat tiba di setiap kecamatan pada tanggal 15 April 2019, sehingga hari ini akan distribusikan semua logistik pemilu.

“Dapil lima Pulau Binongko (Kecamatan Binongko dan Togo Binongko) sudah distribusikan tadi, sementara dapil empat Pulau Tomia (Kecamatan Tomia dan Tomia Timur) sedang dalam proses pemuatan ke kapal, kemudian dilanjutkan ke dapil tiga Pulau Kaledupa (Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa selatan),” jelasnya.

Sementara untuk dapil satu Kecamatan Wangi-wangi logistik pemilu tetap disimpan di gedung wanita (tempat perakitan kotak suara/pelipatan surat suara), “hanya dapil dua Kecamatan Wangi-wangi selatan yang kita akan geserkan malam ini,” paparnya

Abdul Rajab menjelaskan, TPS se-Wakatobi berjumlah 327 TPS, sehingga jika dikali lima jenis pemilihan maka ada 1365 kotak suara yang didistribusikan ke seluruh TPS. Mengingatkan Wakatobi merupakan daerah kepulauan, maka pendistribusian logistik pemilu disalurkan menggunakan kapal laut.

Pendistribusian logistik ini pun, dikawal ketat oleh personil kepolisian. Jumlah personil yang mengawal pendistribusian logistik di Pulau Binongko sebanyak 25 personil, Kecamatan Tomia Timur 16 personil, Kecamatan Tomia 6 personil, kecamatan Kaledupa selatan 10 personil, dan Kaledupa 17 personil.

Mencegah agar kotak suara tidak basa dalam proses pendistribusian, KPUD Wakatobi membungkus surat suara menggunakan kantong plastik.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.