Pilkada koltim

Resmi Dibuka, Jurnalis TV di Sultra Ikuti Ujian Kompetensi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Uji Kompetensi Wartawan (UKW), televisi yang pertama kali dilaksanakan oleh IJTI Sulawesi Tenggara (Sultra), secara resmi dibuka pada Jumat (7/12/2018).

Pembukaan UKJ yang berlangsung di salah satu hotel Kendari ini, turut dihadiri oleh beberapa tamu undangan pimpinan media, pimpinan perusahaan tambang, Polda Sultra dan Basarnas Kendari.

Humas IJTI Sultra, Febriyono Tamenk, mengatakan peserta diikuti oleh jurnalis televisi lokal maupun nasional yang berasal dari berbagai daerah di Sultra.

“Jumlah peserta pada UKW yang perdana ini diikuti oleh 14 peserta, dua tingkat madya dan 12 kelas jurnalis muda. Para peserta berasal dari televisi lokal seperti diantaranya Sultra TV sedangkan kontributor media nasional Inews Tv, SCTV,TV One, RTV dan Kompas TV,” ujar Febri, Jumat (7/12/2018).

Pilkada

Febri menambahkan, pelaksanaan UKW berlangsung selama tiga hari dimulai pada 7-10 Desember 2018. Sebelum uji kompetensi dimulai, terlebih dahulu para peserta mendapat materi pengantar yang dibawakan oleh Ketua Bidang Kompetensi IJTI Pusat, Jamalul Insan.

“UKJ televisi sangat penting bagi jurnalis. Standar uji yang dibuat IJTI menjadi ukuran bagi seluruh jurnalis televisi khususnya di Sultra. Kami berharap para peserta yang mengikuti UKW ini dapat lulus dan meningkatkan kapabilitas dan kompetensi mereka,” jelasnya.

Untuk diketahui, Dalam aturan yang dikeluarkan Dewan Pers bernomor 1/peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan, disebutkan bahwa UKW bertujuan untuk mengukur standar kompetensi jurnalis dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas.

Laporan: Wayan Sukanta
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.