000 HPN Prov

Stikes Karya Kesehatan Kendari Pilih Cara Edukatif Akrabkan Maba dengan Kehidupan Kampus

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu budaya memasuki tahun ajaran baru, mahasiswa biasanya diperkenalkan sekaligus saling mengakrabkan diri dengan teman seangkatan termasuk dengan para senior dan dosen. Cara ini juga dilakukan Stikes Karya Kesehatan Kendari melalui masa orientasi mahasiswa baru ajang bina akrab di Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Minggu (22/9/2019).

Ajang keakraban atau yang dikenal dengan sebutan Bina Akrab tersebut dilakukan Stikes Karya Kesehatan sebagai akhir dari rangkaian masa orientasi mahasiswa baru dalam pengenalan lingkungan kampus dan pendidikan karakter, sebelum melangkah jauh ke dunia perguruan tinggi.

Ketua Panitia Orientasi Mahasiswa Baru Stikes Karya Kesehatan Kendari, Riska Mayangsari, mengatakan tujuan ajang bina akrab adalah mendekatkan mahasiswa baru dengan dosen dan senior-seniornya di kampus, sehingga aktivitas perkuliahan bisa terlaksana dengan baik dan saling mendukung.

“Bina akrab ini tentu hal yang biasa ketika masa penerimaan mahasiswa baru, ini merupakan akhir dari rangkaian masa orientasi kampus pada mahasiswa baru di Stikes Karya Kesehatan sebagai wadah saling mengenal dan akrab antara dosen, senior, dan mahasiswa baru,” ucap dosen Gizi Stikes Karya Kesehatan itu.

Apalagi, kata dia, jumlah mahasiswa baru di Stikes Karya Kesehatan cukup banyak tahun ini yang terbagi dalam dua program studi, yakni gizi dan perawat dengan dua kelas, yaitu kelas reguler dan non-reguler.

“Sesuai dengan tema bina akrab ini membangun komitmen dan solidaritas civitas akademik Stikes Karya Kesehatan, artinya momen bina akrab ini diharapkan tidak ada lagi perpecahan atau perpeloncoan antara junior dan senior, mahasiswa tetap mengedapankan etika terhadap dosen,” ucap Riska.

Disela-sela ajang keakraban itu, Stikes Karya Kesehatan juga mengedukasi mahasiswa baru bagaimana cinta lingkungan dengan mengajak mereka membersihkan sampah-sampah di pesisir Pantai Toronipa.

“Ajang bina akrab ini hanya dilakukan sehari, tapi mudah-mudahan apa yang menjadi inti dan harapan terlaksananya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa baru, sebelum mereka aktif melakukan aktifivitas perkuliahan,” jelasnya. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.