SULTRAKINI.COM:JAKARTA - Bantu vote Dea Rizkita memenangkan Kostum Nasional Terbaik (National Best Costume) di ajang Miss Grand International 2017 (MGI 2017). Dea Rizkita kini memasuki 25 besar dan berjuang untuk masuk 10 besar dengan kompetitor lainnya. Menteri Pariwisata (Menpar)RI Arief Yahya juga mengajak seluruh netizen Indonesia untuk melakukan vote, Senin (16/10). Hasil Voting yang berjalan di Facebook Miss Grand International ini, Indonesia berhasil mengungguli tuan rumah, Vietnam.
Tembus Top 25, Menpar Ajak Netizen Vote Indonesia Juara National Best Costume di MGI 2017
Tembus Top 25, Menpar Ajak Netizen Vote Indonesia Juara National Best Costume di MGI 2017

Wanita runner up ketiga Putri Indonesia 2017 yang sekaligus Putri Indonesia Perdamaian ini dalam hasil perhitungan voting hingga penutupan tanggal 15 Oktober 2017, meraih hasil tertinggi dengan 7.502.479 vote, disusul Vietnam dengan 6.678.491, Kamboja 1.906.713, Filipina 1.440.128 dan Laos dengan 790.950.

Dengan hasil ini, Indonesia masuk ke babak 25 Top National Custome, dimana 15 kostum nasional berasal dari perolehan tertinggi dan 10 lainnya dipilih oleh Dewan Juri, akan kembali dilakukan voting pada tanggal 16 Oktober 2017 dan nantinya akan terpilih 10 nasional kostum terbaik dan akan diumumkan pada puncak acara Miss Grand International 2017, pada 25 Oktober mendatang.

"Perjuangan belum berakhir, masih ada vote tahap kedua,  masih dibutuhkan dukungan masyarakat untuk memberikan kembali vote-nya kepada kostum nasional yang dikenakan Dea Rizkika agar bisa masuk 10 besar nasional kostum," kata Menpar Arief Yahya. Dukungan masyarakat ini sangat penting sekali bagi Dea Rizkita yang sedang berjuang membawa nama Indonesia di ajang internasional dan semoga tahun ini Indonesia bisa kembali lagi keluar sebagai juara. "Sekarang saatnya vote di tahap TOP 25 National Costume agar @dearizkita bisa lolos ke TOP 10 National Costume," harap Menpar Arief Yahya.

Caranya mudah, cari foto National Costume Indonesia @dearizkita di ALBUM TERBARU di official fanpage (facebook) Miss Grand International atau klik link vote yang ada di BioInstagram. Kemudian Like & Share sebanyak-banyaknya foto National Costume Indonesia @dearizkita di official fanpage MGI. "Vote dimulai hari ini 16 Oktober sampai Jumat 20 Oktober 2017 jam 9 malam," kata Menpar Arief Yahya. Tahun 2016 lalu, dalam keikutsertaan di MGI ini, wakil Indonesia, Ariska Putri Pertiwi berhasil meraih gelar Best National Costume. Tak hanya itu, Ariska juga berhasil dinobatkan menjadi Miss Grand International 2016. Menteri asli Banyuwangi itu menilai, kostum yang dikenakan Dea Rizkita memang sangat mengangumkan, kostum nasional yang dibawakan ini adalah hasil kolaborasi Morphacio Body Art dan Maya Ratih Couture. "Kostum Dea Rizkita memang indah, berkelas dunia. Karena yang mendesain juga kelas dunia. Saya optimis kita bisa menjadi juaranya," ungkap pria yang juga mantan Direktur Utama Telkom itu.

Mengambil tema Ibu Pertiwi, kostum tersebut hadir dengan desain rumit dan penuh makna. Busana seberat 27 kg itu memperkenalkan Indonesia sebagai negara maritim dengan pemilihan warna biru tua. Adapun lima lima kristal biru yang dihadirkan di ornamen lingkaran yang mewakili Pancasila.

Tiga kristal biru di bagian kepala melambangkan kesempurnaan tubuh, jiwa, dan semangat. Sementara lima kristal kuning menggambarkan generasi muda sebagai penerus bangsa.

Kostum ini pun terlihat menawan dengan aksen sayapnya. Sayap itu dihadirkan sebagai simbol kelembutan dan kekuatan, juga doa dan lagu dari para leluhur. Kemudian ornamen tulang punggung mewakili Indonesia sebagai tulang punggung dunia.

Bahkan bagian ikat pinggangnya punya arti sendiri yakni menyimbolkan kesuburan dan persaudaraan. Adapun pemakaian lima tekstil dari Nusantara yang menggambarkan keberagaman budaya Indonesia. Sementara miniatur candi ditambahkan untuk mewakili kepercayaan orang Indonesia yang melihat tubuh sebagai candi dan simbol pencarian pencerahan diri.(*)


Kemenpar RI

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations