Iklan Clarion

Warga Gunung Desa Konaweha Sulit Jangkau Pelayanan Kesehatan

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Jarak Desa Konaweha di Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka dengan puskesmas sekitar sepuluh kilometer. Namun khusus warga yang bermukim di wilayah gunung Desa Konaweha, mereka harus menempuh sekitar 17 kilometer untuk menjangkau pelayanan kesehatan tersebut.

Akses yang terbilang jauh, medan yang sulit terlebih di musim hujan, membuat 2.049 jiwa atau 543 kepala keluarga di gunung Desa Konaweha kesulitan memperoleh pelayanan kesehatan. Menurut warga, guna kemudahan akses tersebut, mereka membutuhkan ambulans desa.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Dikatakan seorang warga gunung Desa Konaweha, Bakir, apabila ambulans desa diadakan, akan membantu mereka cepat menjangkau akses pelayanan kesehatan di waktu yang mendesak.

“Kami mewakili masyarakat di Konaweha yang saat ini membutuhkan mobil ambulans. Sudah ada masyarakat meninggal dunia karena keterlambatan mobil ambulans datang. Jadi harapan masyarakat pada 2019 ini, kepala Desa Konaweha bisa mewujudkan keinginan masyarakat,” ucap Bakir.

Kepala Desa Konaweha, Hastu, mengaku keinginan warganya untuk pengadaan mobil ambulans sedang diupayakan Pemerintah Desa melalui usulan di musrenbang 2019 yang menggunakan dana desa dalam pengadaan tersebut. Di satu sisi, hal itu bagian dari janji politiknya ketika mencalonkan diri sebagai kades setempat.

“Pemerintah desa sudah memasukan usulan pada perencanaan adanya ambulans, nanti akan diputuskan pada saat verifikasi tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Semoga dengan sudah adanya ambulans, tidak menjadi alasan dan penghambat untuk memenuhi visi misi saya,” jelasnya, Kamis (24/1/2019).

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.