Dikucurkan Rp 36 Miliar dari Kementerian, Dinas Pariwisata Wakatobi akan Tata Kawasan Ini

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara sebagai salah satu dari 10 top destinasi pariwisata nasional mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Dinas Pariwisata Wakatobi mendapat kucuran anggaran dari Kementerian Pariwisata hingga miliaran rupiah, untuk menunjang infrastruktur wilayah setempat.

Kucuran dana alokasi khusus ke Dinas Pariwisata Wakatobi senilai Rp 36 miliar pada 2021. Dana ini akan dipergunakan untuk finalisasi penataan kawasan wisata di Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko.

Secara rinci, di Pulau Binongko anggaran akan diperuntukkan untuk penataan Pantai One Melangka. Sedangkan Pulau Tomia akan dibangun sarana prasarana pendukung di lokasi wisata Puncak Kahyanga, seperti, pusat kuliner, cendramata, dan menara pandang.

“Selain itu ada juga penataan lanjutan kawasan terinternalisasi di Mari Mabuk, di mana akan dibuatkan jalur kawasan yang terinternalisasi sampai jembatannya termaksuk dengan dive center di Tomia,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi Nadar, Selasa (20/4/2021).

ibu alimazi

Khusus di Pulau Kaledupa, Puncak Barabantingi di Desa Pajam akan ditata dengan anggaran tersebut.

Sementara pusat kota Wakatobi di Pulau Wangi-wangi akan dilakukan penataan bahu jalan by pass Marina, termasuk penuntasan parkiran dan pembuatan taman di Togo Mowondu, serta dibangun tempat kuliner dan musala di lokasi wisata Pulau Kapota.

Baca:   PT WDR Rugikan Negara Lebih Rp 400 Juta

Proyek-proyek tersebut diperkirakan mulai dikerjakan pada Mei atau Juni 2021. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan