Diskominfo Konawe Resmi Miliki Command Center sebagai Pusat Informasi dan Data OPD

  • Bagikan
Sekda Konawe Ferdinan Sapan (tengah) saat meresmikan penggunaan Command Center Diskominfo. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara resmi memiliki Command Center atau Media Center baru sebagai pusat informasi dan integrasi satu data pemerintah Kabupaten Konawe.

Penggunaan Command Center tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinan Sapan, di kantor baru Diskominfo Konawe lantai 3 kantor Sekretariat Daerah Bupati Konawe, Kamis (27 Oktober 2022).

loker wartawan sultrakini

Ferdinan mengatakan, ruang pusat komando Pemkab itu mesti difungsikan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Sekaligus, difungsikan sebagai sarana untuk melakukan kontrol dalam menjalankan pemerintahan yang berbasis elektronik di Konawe, maupun program pemerintah pusat.

“Sala satunya yang diinginkan pemerintah pusat itu dengan adanya Command Center ini,” katanya.

Ferdinand Sapan juga meminta Diskominfo Konawe agar ruang pusat komando tidak boleh kosong selama jam kantor. Ruangan itu harus disiapkan pengelola tersendiri dengan sistem shift atau sejenisnya, sehingga tetap dapat mengontrol info maupun program-program pemerintah daerah.

“Satu pesan saya, jangan sampai ada Staff Diskominfo yang tidak tahu komputer karena itu bisa memperlambat tujuan organisasi. Kalau itu kejadian, maka pilihannya hanya dua. Kalau tidak mau belajar, maka harus keluar dan kita carikan tempat lain,” tegasnya.

(Baca: Dukung Program Digitalisasi Pemerintahan, Diskominfo Konawe Buat Command Center)

Baca:   BNNK Kendari Bentuk Relawan Antinarkoba Gabungan Unsur Wartawan dan OPD

Kepala Diskominfo Konawe, Muh. Akib, mengatakan Command Center ini akan dijadikan sebagai pusat informasi pemerintah daerah Konawe dan sarana integrasi satu data di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Untuk mewujudkan hal itu, akan didukung dengan program pemasangan fiber optik yang akan menghubungkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe.

“Fiber optik ini nanti akan mengkoneksikan semua OPD,” tutur Akib.

Selain itu, Akib mengungkapkan, kantor Diskominfo Konawe pindah lokasi, di mana sebelumnya, lokasi Kantor Diskominfo Konawe berada di sebelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe. Kini di gedung kantor Sekretariat Bupati Konawe. Kantor Diskominfo Konawe yang lama akan diisi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

“Mulai hari ini kami akan berkantor di lantai 3 Sekretariat ini,” ungkapnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan