Empat Ruas Jalan Rusak di Butur Diperbaiki Tahun Ini, Pemprov Sultra Anggarkan 43 Miliar

  • Bagikan
Kadis Bima Marga dan SDA Sultra, Burhanudin (kanan) dan Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Sultra, Harmunadin (kiri) (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Kadis Bima Marga dan SDA Sultra, Burhanudin (kanan) dan Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Sultra, Harmunadin (kiri) (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak empat ruas jalan yang rusak di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, bakal diperbaiki tahun 2022 ini. Untuk hal itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengalokasikan dana sebesar Rp43 miliar untuk biaya pengerjaannya. 

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Sultra, Burhanudin menjelaskan, untuk 2022 ini alokasi anggaran peningkatan jalan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp18,5 miliar. Kemudian dari APBD Perubahan sebesar Rp24,5 miliar. 

“Jumlahnya itu semua kurang lebih ada Rp43 miliar. Kita harapkan daerah yang parah jalannya di Butur akan tertangani tahun ini,” ujarnya, Jumat (28/1/2022). 

Tender lelang akan dilaksanakan pada Februari 2022 dan untuk pengerjaannya akan dimulai awal Maret. 

“Ada yang tiga bulan sampai lima bulan pengerjaannya (baru selesai). Kami targetkan selesai antara Juni sampai Agustus kalau tidak ada halangan utamanya cuaca,” kata Burhanuddin. 

Ditambahkan, Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Sulawesi Tenggara, Harmunadin,  menyebutkan untuk empat ruas jalan yang diperbaiki tersebut pertama, jalan yang menghubungkan Kabupaten Muna – Butur yakni jalan Ronta akan diperbaiki sepanjang 4 kilometer. Kedua, ruas jalan Ronta – Lambale di kerja sepanjang 2 kilometer. 

“Ketiga, jalan Bubu Ronta sepanjang 2,5 kilometer dan terakhir jalan perbatasan Buton dengan Butur yakni jalan Bubu sepanjang 5,5 kilometer,” urainya. (C)

Baca:   PT. TJA Muluskan Pengiriman Ore PT. TIM, GPII Sultra akan Lapor Mabes Polri

Laporan: Al Iksan 
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan