HUT TNI ke-76, Pemkab Buton Hibahkan untuk Pembangunan Markas Baru TNI

  • Bagikan
Bupati Buton, La Bakry menandatangani penyerahan hibah tanah kepada Korem 143/HO. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Momentum Hari Ulang Tahun TNI ke-76, Pemerintah Kabupaten Buton menghibahkan tanah 106 hektare kepada Korem 143/Halu Oleo, Selasa (5/10/2021).

Penyerahan hibah tanah ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Bupati Buton, La Bakry di Aula Rujab Gubernur Sultra yang diterima secara simbolis oleh Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan.

La Bakry menjelaskan, hibah ini bermula dari kunjungan Pangdam Hasanuddin beberapa waktu lalu. Ia memaparkan kepada panglima tentang posisi geografis Sultra khususnya Kabupaten Buton. Diskusi-diskusi tersebut dalam aspek pertahanan dibutuhkan di wilayah Kepulauan Buton.

“Karena yang paling cocok di wilayah Kepulauan Buton dari aspek geografis harus dibangun gelar satuan TNI-AD dalam bentuk Korem,” jelasnya.

La Bakry juga berharap hibah tersebut dapat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat juga pertumbuhan wilayah utamanya bagi kepentingan pertahanan nasional.

Sementara Danrem 143/HO menyampaikan tanah hibah seluas 106 hektare itu nantinya akan dibangunkan Korem Kepulauan di Kabupaten Buton, sehingga bukan saja TNI AD yang menerima hibah tetapi angkatan udara danangkatan laut karena ketiganya merupakan satu kesatuan yang saling bergandengan.

ibu alimazi

“Hibah yang diberikan Pemkab Buton bukan sekadar hadiah ulang tahun, namun wujud kepercayaan dan kemanunggalan TNI kepada rakyat di wilayah Sultra,” ucapnya.

Baca:   Tingkatkan Mutu SDM, Pemkab Buton Gelar Diskusi Bersama Dosen IPB

Dikatakan Gubernur Sultra, Ali Mazi, hibah ini dipersiapkan untuk mendukung rencana pembentukan Korem baru di wilayah kepulauan dengan harapan ke depan terbentuk sebuah Kodam baru.

“Kami yakin dukungan tersebut dapat mendorong percepatan pemerataan pembangunan di seluruh Sultra. Insya Allah berimplikasi positif bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan berkeadilan sosial,” ujar Ali Mazi.

Untuk diketahui, Pemkab Kolaka Utara pada 2020 juga menghibahkan tanah seluas 19,06 hektare untuk pembangunan Kodim Kolaka Utara. Lalu 2021 Pemkab Bombana menghibahkan lahan 37 hektare untuk pembangunan Markas Kodim dan asrama, serta 10 hektare untuk pembangunan Kompi Yonif 725.

Selanjutnya, Pemkab Muna Barat menghibahkan tanah 92 hektare lebih untuk pembangunan Kompi Yonif 725. Pemkab Konawe Utara seluas 5,3 hektare untuk pembangunan Koramil Langgikima dan Koramil Lamonae.

Dari Pemprov Sultra pada 020 juga memberikan 50 unit sepeda motor untuk mendukung operasional. Di tahun ini, berupa pembangunan sarana pendukung, berupa bangunan garasi, lapangan tenis, serta perbaikan lapangan apel Markas Korem. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan