Kepala Kemenag: Kuota Jemaah Haji Kolaka 2023 Mencapai 300 Orang, Tidak Dibatasi Umur

  • Bagikan
Kepala Kemenag Kolaka, Baharuddin. (Foto: Andi Lanto/SULTRAKINI.COM)
Kepala Kemenag Kolaka, Baharuddin. (Foto: Andi Lanto/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Seperti diketahui Pemerintah telah mengumumkan kuota haji tahun 2023, yakni sebanyak 221.000 jemaah. Mengenai jumlah kuota haji 1444 H/2023 Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah penandatanganan bersama.

Keseluruhan jumlah jemaah haji 221.000 yakni terdiri dari jemaah haji reguler 203.320 dan jemaah haji khusus 17.680.

loker wartawan sultrakini

“Untuk kuota provinsi belum ada pembagiannya baru untuk sementara ini kuota nasional, biasanya untuk Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat kuota 1.900 lebih kuota untuk setiap tahunnya. Kabupaten Kolaka nanti dilihat berapa porsi yang lolos, kalau misalnya 300 maka itu yang akan diberangkatkan,” ucap Kepala Kemenag Kolaka, Baharuddin, Kamis (12 Januari 2023).

Nantinya, lanjut dia, jemaah haji akan didampingi oleh Petugas Haji (PPH), yang merupakan delegasi dari pemerintah untuk membimbing, mendampingi, dan melayani jemaah haji agar dapat menjalankan ibadah haji dan umroh dengan baik dan lancar, seleksinya sangat ketat.

“Jadi Sulawesi Tenggara diberikan PPH Arab Saudi sebanyak 6 orang petugas, biasanya ketua keloter dan pembimbing ibadah itu jumlahnya 9 orang petugas, 4 orang pembimbing ibadah dan 5 orang ketua keloter,” jelasnya.

Baharuddin mengungkapkan, sesuai kesepakatan, tahun ini tidak ada pembatasan usia pada kloter jemaah haji.

“Tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji, yang penting porsinya lolos tetap akan diberangkatkan,” ungkapnya.

Baca:   Peringati HAB ke-72, Kemenag Kolaka Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Watalara

Bimbingan jamaah haji bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman jemaah terhadap pelaksanaan ibadah haji serta meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji.

“Insyaallah kami dijajaran Kementrian Agama Kolaka ada beberapa petugas atau tenaga pemanasik yang akan memberikan bimbingan bagi jemaah calon haji kita, mereka sudah bersertifikat pembimbing haji,” ucapnya.

Berkaitan dengan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama RI yang ke 77 tahun 2023, Kementerian Agama Kolaka juga akan menggelar kegiatan yang bertajuk “Jalan sehat Kerukunan” yang serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Jalan sehat kerukunan nantinya akan diselenggarakan juga di Kolaka, kegiatan itu akan dihadiri bapak Bupati Kolaka, Forkopimda, kepala Madrasah serta organisasi kerukunan yang ada di Kolaka. Kegiatannya akan dilaksanakan InsyaAllah pada Sabtu 14 Januari 2023. Finis dan start di lapangan Alun-alun 19 November Kolaka, doorprize/hadiah juga akan diberikan bagi peserta jalan sehat,” pungkasnya. (B)

Laporan: Andi Lanto
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan