Mom, Ini 5 Tips Diet Sehat Pascamelahirkan

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: iStock)

SULTRAKINI.COM: Setelah melahirkan berat badan menjadi masalah paling utama bagi setiap wanita. Mulai dari perut yang membuncit, bahkan tubuh yang melar sehingga tingkat percaya diri pun menurun.

Memilih tips diet pascamelahirkan tentunya berbeda dengan diet pada umumnya. Perlu diingat, ada sesuatu yang lebih penting bagi tubuh Bunda setelah si kecil lahir. Hal penting itu adalah konsumsi makanan yang memberikan energi terbaik bagi para ibu.
Seperti lima langkah terbaik ini bisa diterapkan Bunda pascamelahirkan.

  1. Konsumsi makanan berserat tinggi

Konsumsi makanan tinggi serat telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Sebagai contoh, satu penelitian terhadap 1.114 orang dewasa menemukan bahwa setiap 10 gram serat larut yang dimakan orang per hari menyumbang 3,7 persen pengurangan lemak perut selama periode lima tahun. Serat larut juga dapat membantu Bunda merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar hormon kelaparan.

  1. Pilih protein sehat
ibu alimazi

Memasukkan sejumlah protein sehat dalam diet Bunda dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan mengurangi asupan kalori. Studi menunjukkan bahwa protein memiliki efek termal yang lebih besar daripada nutrisi lain.

Itu berarti bahwa tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk mencernanya daripada jenis makanan lain, yang menghasilkan lebih banyak kalori yang terbakar. Protein juga mampu menekan nafsu makan dengan meningkatkan hormon kenyang GLP-1, PYY dan CCK, serta mengurangi hormon lapar ghrelin

Baca:   Pria Harus Tahu, Cara Tampil Keren dengan Skinny Jeans
  1. Sediakan camilan sehat

Makanan yang Bunda miliki dapat memiliki efek besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa rumah-rumah orang gemuk cenderung penuh dengan makanan yang kurang sehat daripada makanan di rumah orang-orang dalam kisaran berat badan yang sehat. Isi camilan sehat seperti sayuran potong, kacang-kacangan, buah-buahan dan yogurt.

Selanjutnya klik di sini

Laporan: Nur Fadhilah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan