SUARA

175 Kafilah Mubar Tunjukkan Keragaman dan Kerukunan

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Sebanyak 175 peserta kafilah Kabupaten Muna Barat meramaikan Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sultra yang ke- 27 di Kabupaten Buton Utara, Selasa (20/3/2018).

Seluruh kafilah kabupaten dan kota se-Sultra ikut memeriahkan pawai taaruf tersebut, tampil dengan kreasi masing-masing. Tak mau ketinggalan, kafilah Mubar pun berpakaian khas Buton, Bugis, Sunda, Jawa, Bali, Tolaki dan tentunya Muna.

Kafilah Mubar terdiri dari peserta lomba, official, dan pendamping. Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada, ikut menyaksikan kafilahnya dari atas podium panggung kehormatan.

Kabag Humas Setda Mubar, Ali Abdin menjelaskan, Kafilah Mubar ingin menunjukan bahwa Muna Barat merupakan icon keragaman budaya tiap-tiap suku, pemersatu daerah yang hidup berdampingan antara satu dengan lainnya.

“Kita mau tunjukan di hadapan peserta lainnya, bahwa Mubar adalah daerah heterogen yang dihuni dari berbagai suku yang selalu hidup rukun dan damai,” ujar Ali Abdin.

yamaha

Mubar terhitung sudah tiga kali mengikuti ajang ini, yang setiap pelaksanaan MTQ maupun STQ menorehkan prestasi. Misalnya pelaksanaan STQ di Kendari 2015 lalu, Mubar mendapatkan juara 1 lomba bintang vokalis kanak-kanak putri, juara 1 lomba pawai taaruf.

Selain itu MTQ 2016 di Baubau, mendapat juara 3 tilawah dewasa putri, juara 3 bintang vokalis kanak-kanak putri, dan juara 3 tilawah kanak-kanak putri. Sementara pada Tahun 2017 lalu pelaksanaan STQ di Kendari, dapat juara 3 hifzil 1 jus, juara 3 tilawah kanak-kanak putri, serta juara 2 tilawah dewasa putri.

Bahkan pada saat kegiatan Laski di Kolaka tahun 2017 lalu, Mubar meraih juara 3 bintang vokalis kanak-kanak putri. Ini menunjukan bahwa Mubar, mampu berprestasi dalam kegiatan lomba apapun. Termasuk lomba dalam kegiatan MTQ.

“Kafilah Mubar juga optimis, pelaksanaan MTQ tahun ini Mubar bisa kembali menorehkan prestasi. Kita datang menebar silaturahmi, kami pulang membawa kemenangan,” terangnya.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.