000 HPN Prov

73 Sekolah di Kendari Direnovasi, SD Terbanyak

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 73 sekolah di Kota Kendari direnovasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 senilai Rp 40 miliar. Renovasi sekolah ditargetkan rampung pada Desember 2019.

Sekolah yang direnovasi terdiri dari satu Taman Kanak-kanak (TK), satu Sanggar Kegiatan Belajar, 49 SD, dan 22 SMP.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Muchdar Alimin, menerangkan renovasi sekolah melihat dari skala prioritas. Artinya, bantuan anggaran renovasi disalurkan dengan mempertimbangkan seberapa parah kerusakan sekolah bersangkutan.

“Kenapa hanya 73 sekolah karena kementerian melihat di dapodik yang diisi oleh sekolah, sekolah-sekolah itulah yang membutuhkan. Pusat melihat sekolah lain sudah bagus. Ada skala-skala priopritas. Misalnya, ada sekolah sama-sama rusak tapi ada rusak berat, itu yang diprioritaskan,” jelas Muchdar Alimin kepada Sultrakini.com pada Rabu (9/10/2019).

Bantuan anggaran tersebut dipergunakan untuk pembangunan ruang kelas, pengadaan sarana sekolah, pembangunan jamban, renovasi jamban, renovasi kelas, kantor, laboratorium, dan ruang guru.

Anggaran renovasi sekolah ini dicair pada Juli 2019. Kemudian, proses renovasi 73 sekolah dimulai Agustus 2019 dan ditargetkan rampung pada Desember 2019.

Renovasi sekolah ini sifatnya swakelola, artinya dikelola oleh panitia pembangunan sekolah. Dana dari pemerintah pusat ditransfer ke kas daerah untuk selanjutnya ditransfer ke rekening panitia pembangunan sekolah.

Muchdar menambahkan, pada 2020 dilakukan renovasi untuk sekolah-sekolah lainnya.

“Insya Allah nanti 2020 ada (renovasi sekolah). Kita sementara mengusul. Hanya saja selalu kami bahasakan ke sekolah tolong bantu kami untuk meng-update-kan data sarana yang ada di dapodik, kalau misalnya data sarananya update, pusat sudah membaca itu kita tidak kesulitan untuk menyusul,” terangnya.

Di kota Kendari sendiri terdapat 103 TK terdiri dari 98 swasta dan lima negeri. SD berjumlah 122 sekolah terdiri dari 106 negeri dan 16 swasta. Sementara, SMP berjumlah 38 sekolah terbagi atas 22 sekolah negeri dan 16 swasta. (Adv)

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.