Festival Pesona Budaya Tua Buton

Distribusi Logistik Pemilu di Bombana Dijadwalkan Tuntas Tiga Hari

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Komisi Pemilihan Umum Daerah Bombana menargetkan proses distribusi logistik pemilu 2019 tuntas dalam tiga hari.

Jadwal penyalurannya diagendakan mulai 14-16 April 2019. Daerah prioritas atau lokasi distribusi pertama adalah Kabaena. Sedangkan dua hari berikutnya di wilayah daratan Bombana.

“Iya (Kabaena distribusi logistik prioritas). (Logistik pemilu) Kabaena berangkat besok (14/3) pagi pakai kapal, sub Kabaena dan Mata Usu. Tanggal 15-16 (April) itu wilayah daratan,” jelas Ketua KPUD Bombana, Aminuddin, (13/4/2019).

(Baca: KPUD Bombana Persiapkan Distribusi Logistik Pemilu Mulai 14 April)

Sembari menunggu jadwal tersebut, pihaknya menyimpan logistik di gudang KPUD Bombana. Namun Aminuddin menerangkan, logistik pemilu untuk di wilayahnya belum rampung. Misalnya, surat suara pengganti surat suara cacat sedang dalam perjalanan menuju Bombana. Dia menargetkan logistik rampung satu atau dua hari kedepan.

“Logistik sementara kami pengasetan, insya Allah hari ini (13/4) rampung atau besok. Masih ada yang ditunggu hari ini (logistik kertas suara pengganti yang cacat) di Kendari,” terangnya kepada Sultrakini.com.

Ditargetkan, usai didistribusikan, logistik pemilu akan diamankan ke sejumlah tempat di wilayah masing-masing. Seperti, gedung pemerintah setelah berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Misalnya, balai desa yang tidak terpakai atau aula pertemuan yang tidak terpakai.

“Penyimpanan logistik macam-macam. Gedung pemerintah dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Pengamannannya dari Polres Bombana sama PKK (panitia pemilihan kecamatan) kami,” tambahnya.

Total tempat pemungutan suara di Kabupaten Bombana, yaitu 453 TPS yang tersebar di 22 kecamatan.

Sehubungan daftar pemilih tetap di Bombana, KPUD menekankan jumlahnya sebagaimana data terakhir dari KPU Provinsi Sultra melalui rapat pleno dan menetapkan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap 2 (DPTHP-2) pemilu 2019 (Desember 2018), sebanyak 100.439 orang.

Menyangkut DPTb maupun DPK, pihaknya sementara menunggu data pasti dari di tingkat provinsi.

“Masih di provinsi (datanya), teman-teman yang pleno di provinsi,” ucapnya.

(Baca juga: Kampanye akan Berakhir, Bawaslu Bombana Kerahkan Satpol PP Tertibkan APK)

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.