Kasus Covid-19 di Kendari: 3 ODP Sembuh, Pasien Positif Bertambah 2

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Berdasarkan data gugus tugas percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 Kota Kendari, Minggu (19/4/2020), 3 pasien orang dalam pemantauan (ODP) dinyatakan sembuh, sementara kasus pasien positif Covid-19 bertambah 2 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dr Alghazali, mengatakan bahwa alhamdulilah terdapat 3 orang lagi kasus ODP yang sudah dinyatakan sembuh atau negatif, dari 133 orang kasus ODP. Ketiganya, yakni satu orang jenis kelamin perempuan (34) alamat Kecamatan Kadia dan dua orang lainnya jenis kelamin laki-laki alamat Kecamatan Kendari Barat.

“Berdasarkan riwayat perjalanan ketiganya pernah melakukan perjalanan di luar daerah. Rata-rata riwayat penyakitnya yakni flu dan batuk. Alhamdulilah hasil pemeriksaan laboratorium mereka sudah dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19,” ungkap dr. Alghazali melalui teleconferens, Minggu (19/4/2020).

Katanya, dengan demikian jumlah kasus ODP di Kendari yang sudah selesai dalam pemantauan sebanyak 123 orang, menyisakan 10 orang ODP.

Sementara pada kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Ketua IDI Kota Kendari itu menjelaskan, tidak ada tambahan kasus baru PDP. Data saat ini sebanyak 6 orang pasien dalam pengawasan dari 26 orang kasus PDP, 20 kasus lainnya sudah dinyatakan selesai.

“Tidak terdapat kasus baru PDP sehingga yang masih dalam pemantauan saat ini sebanyak 6 orang,” terang Ketua IDI Kota itu.

dr. Alghazali juga menyebutkan, bahwa sementara itu pada kasus posistif Covid-19 di Kota Kendari terdapat tambahan kasus baru sebanyak 2 orang. Pasien pertama merupakan warga di Kelurahan Mandonga dengan jenis kelamin perempuan (57) dengan riwayat pernah mengalami kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan meninggal dunia pada kelurahan yang sama.

Sedangkan pasien positif Covid-19 kedua, yakni dari Kelurahan Baruga jenis kelamin perempuan (33) juga mengalami riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 pada lokasi yang sama.

“Jadi kami disampaikan langsung dari hasil notifikasi dinas kesehatan provinsi Sultra menyatakan ada tambahan kasus positif baru sebanyak 2 orang,” ucap Alghazali.

Dia menyebutkan dengan penambahan kasus baru tersebut menambah jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Kendari menjadi 23 orang, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal. Sehingga total pasien positif Covid saat ini sebanyak 17 orang.

Alghazali berpesan, dengan bertambahnya kasus baru ini agar kepada seluruh masyarakat Kota Kendari tetap selalu meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjaga perilaku hidup bersih serta tetap menggunakan masker.

Juga bagi masyarakat yang pernah mengalami kontak erat dengan pasien Covid-19 sebelumnya, atau kerabat dengan pasien positif sebisanya untuk melaporkan pada petugas kesehatan atau pemerintah setempat RT, RW maupun kelurahan, untuk secepatnya dilakukan tracking.

Begitu juga dengan masyarakat lain termasuk pasien yang pernah kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya saat mengunjungi fasilitas kesehatan agar selalu jujur menyampaikan keluhannya termasuk riwayat kontak yang pernah dilikukan, sehingga itu bisa memudahkan pemeriksaan oleh petugas kesehatan

“Dengan begitu petugas gugus tugas bisa melakukan rapid test, dan bisa memberantas penyebaran virus,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.