000 HPN Prov

Pastikan Kesehatan Pemudik, Dinkes Sultra Siapkan Posko

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para pemudik, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menyiapkan sejumlah posko kesehatan. Posko tersebut rencananya akan disebar di sejumlah lokasi yang banyak dilalui saat arus mudik hingga balik lebaran 2019.

Sekretaris Dinkes Sultra, Muh Iliyas didampingi dr. Amri mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh Dinkes kabupaten/kota di Sultra untuk membuat posko di perlintasan arus mudik. Posko tersebut diutamakan di daerah penyeberangan bandara serta tempat-tempat keramaian.

“Posko kesehatan akan dimulai tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Jadi mulai besok kita akan monitor terus bagaimana keadaan arus mudik di semua tempat. Tim akan melapor setiap hari berapa kasus yang ditangani,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/5/2019).

Tempat-tempat yang menjadi konsentrasi pelayanan posko kesehatan diantaranya, pusat perbelanjaan, pelabuhan yang di dampingi langsung oleh KKP serta bandara. Saat ini daerah yang sudah melapor kata Iliyas, Kota Kendari dan Konawe. Kedua daerah tersebut sudah menyiapkan posko kesehatan untuk para pemudik.

“Pelayanan yang akan dilakukan utamanya adalah pelayanan dasar dan pengobatan karena di setiap posko akan disiapkan dengan obat-obatan. Setiap pos sudah dibentuk tim, mereka membagi shift masing-masing selama mudik lebaran,” jelasnya.

Selain mendirikan pos kesehatan Iliyas mengaku, pihaknya juga telah meminta Puskesmas untuk siaga 24 jam. Ia pastikan bahwa Unit Gawat Darurat (UGD) akan terbuka dan melakukan pelayanan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dishub, KKP, Jasa Raharja, dan Dirlantas. Kemarin kami sudah rapat bersama dan sudah ada kesepakatan, misalnya jika ada pos-pos yang memungkinkan untuk bergabung ya kami akan bergabung,” pungkasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.