Pilkada koltim

Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka 26 September

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas, menerangkan proses pendaftaran CPNS 2018 diundur hingga 26 September mendatang.

“Tanggal 26 September baru bisa dimulai pendaftaran,” terang Nur Endang, Rabu (19/9/2018).

Dijelaskannya, kendala dihadapi terkait penundaan itu, yakni usulan daerah tidak sesuai degan formasi sehingga belum bisa diumumkan tanpa persetujuan Kemenpan RB serta kemungkinan sistem perekrutannya bermasalah.

“Sistemmnya sekarang lebih protek. Semua orang bisa mengakses namun harus sesuai dengan ketentuan,” tambahnya.

Sehubungan kesiapan seleksi CPNS melalui Computer Assisted Tes (CAT), BKD Sultra telah memiliki admin terlatih untuk menangani itu. Begitu juga fasilitas seleksi CPNSnya. Dikatakannya, terdapat tiga titik di Sultra akan ditinjau sebagai lokasi tes. Namun detai lokasinya belum disebukan BKD. Lokasi disediakan sebab sejumlah daerah belum dapat melaksanakan tes secara mandiri.

“Sudah dilatih adminnya seluruh Indonesia sesuai region masing-masing. Kendalanya karena soal jaringan, listrik yang sering up/down sehingga dilakukan di provinsi,” tambah Nur Endang.

Pilkada

Menurutnya, pihak kabupaten/kota tetap berusaha semaksimal mungkin untuk suksesnya penerimaan CPNS tersebut.

“Dimaksimalkan agar bisa di daerah, karena mengingat kemungkinan peserta yang akan membludak serta akan membebani terkait mobilisasi panitia.” jelasnya

Hingga saat ini, yang sudah melaporkan untuk dilaksanakan bersama di provinsi, yaitu Kabupaten Muna Barat dan Kabupaten Konawe Selatan.

Humas BKN, Mohammad Ridwan, mengaku terdapat kekeliruan persepsi terkait informasi bahwa Kemenpan RB meminta CPNS melakukan pendaftaran pada Rabu (19/9) ini.

Ridwan meluruskan kementerian/lembaga/pemerintah daerah diwajibkan mengumumkan lowongan penerimaan CPNS di masing-masing instansi melalui portal instansi maupun media massa pada Rabu ini pukul 13.00 WIB. Mereka harus menyediakan informasi yang sama di situs SSCN BKN (CNNIndonesia.com).

“Adapun hari ini, masyarakat memang baru bisa melihat formasi dan persyaratan lowongan serta membuat akun untuk pendaftaran. Pendaftaran sendiri di instansi akan dimulai pekan depan pada 26 September 2018,” jelas Ridwan dalam jumpa pers di Kantor BKN, Jakarta Timur, Rabu (19/9/2018).

Laporan: Nur Cahaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.