Tiga Lembaga Jurnal IAIN Kendari Terakreditasi Nasional

  • Bagikan
Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Kendari, Husain Insawan. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Kendari, Husain Insawan. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan terdapat tiga lembaga jurnal dari kampus islam tersebut telah terakreditasi nasional. Ketiganya terakrditasi oleh Science and Technology Index (Sinta) merupakan salah satu lembaga akreditasi jurnal ilmiah yang dipercaya pemerintah.

Dia menuturkan, tiga lembaga jurnal IAIN Kendari terakreditasi Sinta adalah Langkawi, Al-Izzah dan Al-Ta’dib. Langkawi merupakan lembaga jurnal dari unit pengembangan bahasa IAIN Kendari. Kemudian Al-Izzah lembaga jurnal dari lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) IAIN kendari. Sementara Al-Ta’dib adalah lembaga jurnal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Fatik).

“Langkawi terakreditasi pada Sinta III dan Al-Izzah di Sinta IV ditetapkan 24 Oktober 2018 dan Al-Ta’dib pada Sinta V ditetapkan Juli 2018. Ada enam tingkatan dalam akreditasi Sinta, dimana setiap tingkat ditetapkan berdasarkan skor hasil penilaian,” jelasnya, Kamis (1/11/2018).

Selain tiga lembaga jurnal itu, sebenarnya beberapa lembaga jurnal di IAIN Kendari ada juga terakreditasi Directory of Open Acces Journal (DOAJ). “Lembaga jurnal kita rata-rata terakreditasi dengan nilai 7-14 di DOAJ ini,” tambahnya.

Husain Insawan berharap, semua dosen IAIN Kendari semakin termotivasi menulis karya ilmiah, apalagi sudah tiga lembaga jurnal terakreditasi nasional. Kendati, penulisan karya ilmiah tersebut merupakan salah satu syarat kenaikan pangkat dan golongan para dosen.

“Kami juga menyiapkan dana stimulasi untuk mendorong motivasi para dosen dalam membuat karya ilmiah yang dipublikasi. Meski dana yang kami sediakan tidak cukup besar, tapi diharapkan bisa rangsangan dalam penulisan karya ilmiah,” ucapnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan