Bun, Makanan Ini bisa Membantu Memperlancar ASI

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan)

SULTRAKINI.COM: Kegiatan menyusui banyak memerlukan energi. Selama fase tersebut, seorang ibu memerlukan makanan sehat demi memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi.

Berikut beberapa makanan untuk melancarkan ASI:

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan kelompok makanan kaya nutrisi, tidak sulit dicari, relatif murah, pengolahannya mudah, dan dapat divariasikan menjadi beragam menu masakan.

Selain itu, sayuran hijau berperan penting meningkatkan ASI. Sebab komoditas ini mengandung senyawa yang berfungsi merangsang serta meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

  1. Gandum utuh dan oat

Gandum merupakan tanaman serealia yang sering dijadikan sebagai bahan makanan. Gandum memiliki banyak nutrisi, salah satunya memperlancar ASI dan membuat si ibu kenyang lebih lama.

Dalam 100 gram gandum utuh terdapat sekitar 340 kalori, 72 gram karbohidrat, 13 gram protein, 10,7 gram serat, 2,5 gram lemak, dan 0,4 gram gula.

  1. Bawang putih

Bawang putih diyakini membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting dan rendah kalori. Satu siung bawang putih mentah mengandung mangan, vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin B6, dan kalium.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang almond, dan kacang kenari juga baik dijadikan makanan penambah ASI. Selain mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, kacang-kacangan juga mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang dapat menambah produksi ASI.

Baca:   Sidak Tiga Toko BPOM Temukan Makanan Kadaluarsa
  1. Ikan dan telur

Ikan dan telur sangat banyak menyimpan nutrisi. Apalagi untuk ibu menyusui yang memerlukan banyak asupan protein. Ibu menyusui hendaknya lebih disarankan mengonsumsi ikan dan telur matang. (C)

Laporan: Sitti Apriyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan