Enam Keluhan Warga Mandonga Langsung Ditunaikan Andi Sumangerukka

  • Bagikan
Ketua Dewan Pembina ASR Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka silaturahmi dengan warga Kecamatan Mandonga dan Puuwatu. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kecamatan Mandonga dan Puuwatu, Kota Kendari menjadi lokasi ketiga safari politik Ketua Dewan Pembina Aku Sahabat Rakyat (ASR) Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka bersama Abdul Razak-Andi Sulolipu (ASLI).

Dalam kunjungannya, selain bersilaturahmi, calon Gubernur Sultra dan Wali Kota Kendari 2024 ini berdialog dengan warga dan tokoh masyarakat. Kehadiran mereka turut dihadiri Ketua DPD Partai Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar.

Kedatangan mantan Pangdam Hasanuddin bersama rombongan disambut baik, hangat, dan meriah oleh masyarakat setempat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ada enam keluhan warga disampaikan langsung tokoh masyarakat kecamatan Mandonga, Sulistio. Pertama, warga berencana mengubah kubah masjid di wilayah itu. Mereka berharap Andi Sumangerukka membantu perbaikkan tersebut.

Kedua, selama ini warga terkhusus RT 8, 9, 10, 12, dan 15 kekurangan air bersih. Mereka membutuhkan tower air.

“Ada PDAM tapi tiap 10 hari baru mengalir, sementara kami sangat membutuhkan air bersih,” terangnya.

Ketiga, warga membutuhkan lampu penerangan jalan antar-RW. Warga sangat berharap Andi Sumangerukka membantu mereka.

Keempat, daerah Mandonga dikenal sebagai pusatnya perdagangan. Ibu-ibu setempat memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Olehnya itu, warga meminta bantuan modal usaha untuk pengembangan usaha masyarakat.

Baca:   Kepada Warga Konsel, Andi Sumangerukka Janji Siap Mewakafkan Diri Membangun Sultra

“Ibu-ibu di sini umumnya punya usaha kecil, menengah, kami berharap Pak Andi Sumangerukka membantu usaha warga,” tambahnya

Kelima, di RT 10 terdapat Taman Pendidikan Al Quran yang sangat membutuhkan bantuan, berupa Al Quran dan meja.

“Santri di TPA tersebut adalah anak usia dini juga ada orang tua,” lanjut Sulistio.

Keenam, bantuan untuk Paud yang memiliki siswa sebanyak 32 orang. Lokasi Paud tersebut masih berstatus tanah pinjaman.

Sebagai jaminan, kata Sulistio, warga siap mendukung Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka sebagai calon Gubernur Sultra dan Abdul Razak-Andi Sulolipu sebagai Calon Wali Kota Kendari pada Pilkada 2024.

“Satu jaminannya bahwa apapun kami diperintahkan, apapun kami disuruh, kami siap loyalitas, tegak lurus, siap mendukung ASR dan ASLI untuk 2024,” ujarnya.

Menanggapi itu, Andi Sumangerukka sangat terkesan dengan antusias ribuan warga yang yang menghadiri silaturahmi ASR dan ASLI.

Kedatangannya di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Mandongan dan Puuwatu, kata dia, bukan sekadar bersilaturahmi biasa, tapi datang menjawab harapan warga yang selama ini dinilai minim perhatian pemerintah.

“Tadi disampaikan di sini kekurangan lampu penerang jalan. Besok saya kasihkan lampu penerangannya. Saat ini ada lampu sepuluh batang, jadi besok bisa digunakan, tidak usah tunggu saya jadi gubernur, saat ini juga saya realisasikan keluhan warga,” jelasnya.

Baca:   Turnamen Bola Voli ASR Cup 2021, 36 Tim Perebutkan Hadiah Puluhan Juta

Terkait air bersih, kata Andi Sumangerukka, ia akan membeli sepuluh mobil tangki air. Nantinya akan disebar di wilayah itu.

“Air bersih, besok juga tim akan mengecek di mana kira-kira yang cocok untuk tempat kita bangun penampungannya. Mobil tangki dalam waktu dekat kita akan beli,” sambungnya.

Terkait UMKM, Andi Sumangerukka mengaku memiliki program pengembangan UMKM sejak masih menjabat Komandan Korem 143/Haluoleo.

“Bicara Mandonga memang pusatnya pedagang dan kuliner. Kita akan mendata di antara ibu-ibu sekalian yang mempunyai keinginan untuk melakukan usaha. Setiap satu kepala keluarga kita akan distribusikan modal usaha Rp 2.000.000,” jawabnya.

Berbeda dengan usaha warung warung pojok. Mereka akan mendapatkan modal usaha lebih besar senilai Rp 10 juta. Penyaluran bantuan tersebut akan difasilitasi oleh salah satu bank.

“Untuk kubah masjid, Jumat besok saya akan lihat langsung kubah masjidnya, seperti apa bentuknya saya akan dukung,” terangnya.

Sementara Paud, Andi Sumangeeukka mengaku akan mengecek dulu, apakah ada tanahnya atau tidak. Bila belum ada, ia meminta Sulistio untuk mencari lokasi, nanti dialah yang akan menyelesaikan pembayarannya. Begitupun dengan TPA.

“Saya dengan Pak Razak datang di sini bukan siapa-siapa, bukan pula pejabat. Tapi kami langsung datang untuk menyelesaikan keluhan warga. Saya berharap kepada semua saudaraku di sini jangan pernah ragu dengan ASR dan ASLI, kami bukan bawa janji tapi harapan,” tuturnya. (B)

Baca:   Pinjam Motor Tidak Balik-balik, Pelaku Dibekuk Buser 77 Polres Kendari

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan