Pemkot Kendari Maksimalkan Penggunaan Mobil Perpustakaan Keliling

  • Bagikan
Kepala Dinas Perpustakaan Kendari, Aidir Rere. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).
Kepala Dinas Perpustakaan Kendari, Aidir Rere. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARIPemerintah Kota Kendari melalui Dinas Perpustakaan Kota Kendari terus berupaya meningkatkan minat baca pelajar dan masyarakat setempat, dengan memaksimalkan penggunaan operasional mobil perpustakaan keliling (perpuskel).

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Kendari, Aidir Rere, mengatakan saat ini mobil operasional perpuskel milik Pemkot Kendari yang digunakan sudah dilengkapi dengan berbagai jenis buku-buku pelajaran bagi siswa, juga termasuk buku-buku bacaan bagi masyarakat.

“Mobil ini sudah siap dengan buku di dalamnya. Jadi, mobil ini dikelilingkan di sekolah-sekolah agar bisa dibaca oleh siswa. Termasuk, berkeliling disetiap kelurahan,” ujarnya saat dimintai keterangan sejumlah awak media di Aula Pola Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (28/3/2019).

Kata dia, saat ini pihaknya hanya mengoperasikan dua mobil perpuskel dengan jadwal kerja tiga hari dalam seminggu, yakni Senin, Ribu dan Kamis.

“Ini bantuan pusat, jadi jumlahnya bertambah karena pemerintah melihatnya sukses. Pengoperasian mobil perpustakaan keliling ini untuk meningkatkan minat baca dan literasi di masyarakat,” ungkap Aidir.

Ia mengaku, akan terus melakukan pembenahan buku yang ada di dalam mobil perpuskel. Pasalnya, belum ada buku bacaan untuk mahasiswa.

“Yang ada hanya untuk buku anak sekolah dan buku bacaan bagi masyarakat. Kalau untuk buku mahasiswa belum ada, tetapi di perpustakaan kantor ada. Mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita, ” pungkasya.

Baca:   Pengurus Asosiasi UMKM Kendari Dikukuhkan

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan