SultraKini.com Terima Penghargaan Pengguna Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

  • Bagikan
Media online terbaik penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dari Kantor Bahasa Sultra, diterima Pimpinan Sultrakini.com, Gugus Suryaman, Selasa (23/10/2018). (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Media online terbaik penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dari Kantor Bahasa Sultra, diterima Pimpinan Sultrakini.com, Gugus Suryaman, Selasa (23/10/2018). (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – SultraKini.com bersama dua media daring (online) lainnya menerima penghargaan dari Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara, sebagai media pengguna Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penghargaan tersebut diserahkan di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (23/10/2018).

Ketua Panitia, Abdul Razak, menjelaskan penilaian terhadap penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dilakukan dari April hingga Agustus 2018 terhadap 19 media online. Alhasil, tiga media online terbaik meraih penghargaan dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, yakni Zonasultra.com, Sultrakini.com, dan Wartasultra.id.

“Untuk kriteria penilaian media online ini adalah ejaan, kesesuaian bentuk pilihan kata, penataan paragraf, dan penalaran. Namun dari hasil penilaian, rata-rata media daring di Sultra kurang memperhatikan masalah ejaan,” jelas Abdul Razak.

Selain penghargaan kepada media online, Kantor Bahasa Sultra juga memberikan penghargaan kepada badan publik dan media ruang publik (hotel). Total 19 badan publik lingkup Pemerintah Provinsi Sultra dinilai dan tiga terbaik, di antaranya Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, serta Dinas Perkebunan dan Hortikultura.

“Sementara tiga terbaik untuk hotel adalah Hotel Zahra, Hotel Attaya, dan Same Hotel. Penilaian juga dilakukan pada 19 hotel di Kota Kendari,” jelas Abdul Razak.

ibu alimazi

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan, menerangkan kriteria penilaian sebagai pengguna bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kategori penghargaan yang diberikan. Artinya, kriteria penilaian untuk badan publik, media daring, dan media ruang publik tentunya berbeda.

Baca:   Andalalin Penting, Cek Dampaknya Jika Lalai

“Sebenarnya proses penilaian dan penentuan penerima penghargaan sudah kami rampungkan sejak Agustus 2018. Hanya saja, baru Oktober ini kami serahkan, karena bertepatan dengan peringatan bulan bahasa,” ujarnya.

Khusus media online, ketiga penerima penghargaan tersebut, Wartasultra.id adalah media termuda dengan pencatatan domain 15 Juli 2017, disusul Zonasultra.com yang domainnya tercatat 21 Mei 2014. Sedangkan Sultrakini.com adalah media online tertua di Sultra dengan pencatatan domain 4 Februari 2012.

Sesungguhnya media online pertama di Sultra adalah Kendarinews.com dengan pencatatan domain 22 April 2010, yang didirikan oleh M. Djufri Rachim yang juga pendiri Sultrakini.com.

Setelah Sultrakini.com, domain media online tertua di Sultra adalah Suarakendari.com dengan pencatatan domain 29 November 2013, disusul Mysultra.com dengan pencatatan domain 12 Mei 2014.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan