TMMD ke-111 di Koltim Ditutup dengan Penuh Haru Bahagia, Semua Program Tuntas Direalisasikan

  • Bagikan
Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf. Risa WP.Setyawan memberikan penghargaan kepada masyarakat Aere atas kontribusinya mensukseskan TMMD ke-111. (Foto: Dok. Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Tentara Manunggal Membangun Desa ke-111 tuntas digelar di Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf. Risa WP.Setyawan berharap hasil program TMMD membawa berkah bagi masyarakat setempat.

Letkol Inf. Risa WP.Setyawan, mengatakan penutupan TMMD berlangsung dengan penuh kebahagiaan. Sejumlah masyarakat bahkan terharu debgab berakhirnya manunggal TNI.

“Kebanggaan dan suatu kehormatan saat masyarakat begitu sangat mendukung. Saya lihat tatapan mata mereka ikhlas. Saat saya pergi mereka memeluk saya seolah-olah tidak ada corona karena tidak ada kata yang lebih tinggi dari terima kasih yang bisa mereka sampaikan ke saya sambil beberapa menetes air mata mereka,” ucapnya, Rabu (14/7/2021).

TMMD Kodim 1412 Kolaka di Kecamatan Aere membawa program fisik dan nonfisik. Program fisik direalisasikan, berupa renovasi masjid di Desa Aere, pembangunan gereja di Desa Rubia, dan pembangunan bendungan mini di Desa Pekorea.

Sementara program nonfisik direalisasikan, yaitu penyuluhan stunting, posyandu, posbindu; hukum dan keamanan dan ketertiban masyarakat; narkoba, penyuluhan UU perkawinan; bela negara; bahaya terorisme; penyuluhan Covid-19; bencana alam; bijak bermedia sosial; serta penyuluhan dan pelatihan bididaya ikan sistem bioflok.

Semua program tersebut tuntas dikerjakan lebih cepat dari target berkat gotoroyong satgas TMMD bersama masyarakat.

Baca:   Camat dan Kades Diminta Memastikan Program Padat Karya Tunai Tepat Sasaran

“Terharu dan bangga masyarakata tadi banyak yang tidak terasa meneteskan air mata. Sasaran fisik tersebut ternyata sudah diidamkan bertahun-tahun lalu dengan capaian yang melebihi harapan mereka,” terangnya.

Tidak hanya itu, sejumlah masyarakat yang berkontribusi dengan menghibahkan tanahnya dan setia membantu satgas TMMD ikut diberikan penghargaan ketika penutupan kegiatan ini.

TMMD di Kecamatan Aere sebelumnya resmi dibuka pada 15 Juni lalu dan ditutup pada 14 Juli 2021. Pemda Koltim dalam kegiatan ini menggelontorkan anggaran senilai Rp 2 miliar untuk mensukseskan program tersebut.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan