BNNP Sultra Rencanakan Pembentukan Kelurahan Bersinar di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Guna mencegah penyalahgunaan Narkotika, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara mulai menyusun program dan merencanakan kelanjutan pembentukan kelurahan bersinar Narkoba (Bersinar) di Kendari.

Rencana pembentukan kelurahan Bersinar itu sudah mulai dirancang melalui Rapat Kerja Rencana Aksi Relawan Penggiat Anti Narkoba bersama Camat, Lurah, dan beberapa perwakilan Kepala Puskesmas di Kendari, Selasa (2/2/2021).

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, mengatakan persoalan Narkoba saat ini tidak bisa diam-diamkan terus-terus dan tidak boleh hanya dilemparkan tanggung jawab kepada BNNP Sultra untuk mengatasi ini, karena memiliki keterbatasan sumber daya. Olehnya, perlu peran-peran pemerintah lain dan stakeholder.

“Makanya itu dicetuskan atau digarap namanya kelurahan bersinar (Bersih dari Narkoba). Saat ini sudah saatnya digelorakan perangi Narkoba,” ungkap Brigjen Pol Sabaruddin Ginting saat memberikan pemaparannya dalam Rapat Kerja dihadapan Camat dan Lurah di Kendari, Selasa (2/2/2021).

Kata dia, kedepannya setelah program Kelurahan Bersinar ini selesai digarap, Camat, Lurah, BNNK Kendari, dan BNNP bisa bergerak bersama memerangi Narkoba sebagai langkah mewujudkan komitmen bersama dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat ditingkat kelurahan.

“Dengan konsep-konsep yang kita bangun bersama nantinya bisa mengoptimalkan peran-peran kita masing-masing. Mari kita sama-sama berperan,” ujar mantan Kapolsek Batam Timur.

Kantor Bulog Raha

Lebih lanjut, pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Kupang, menjelaskan terkait rencana pembentukan Kelurahan Bersinar itu hasil dari Rapat Kerja bersama Camat dan Lurah itu akan dilaporkan kepada Wali Kota Kendari sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelurahan mana saja yang bisa dijadikan sebagai Kelurahan Bersinar.

“Kita akan bicarakan dengan wali kota bagaimana rumusannya, mulai dari kelurahan mana yang akan ditunjuk, kita hanya akan memberikan masukkan sebagai dasar untuk menunjuk, yang pasti ada indikator-indikator penilaian, Wali kota yang tentukan,” jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa pada Tahun 2021 ini, BNNP Sultra menargetkan tiga kelurahan di Kendari sebagai Kelurahan Bersinar dan akan menjadi pilot project untuk pembentukan kelurahan – kelurahan bersinar lainnya.

“Rencana kita tahun ini ada tiga kelurahan yang bisa dijadikan sebagai kelurahan bersinar di jajaran pemerintahan kota, dimana kedepan bisa dikolabarisikan dengan stakeholder atau OPD terkait, melalui pelatihan-pelatihan, sebagai bentuk pemberdayaan,” katanya.

Salah satu indikator dalam pembentukkan Kelurahan Bersinar itu yakni paparan pengedar dan pengguna, dan pertimbangan lainnya.

“Harapan kita program kelurahan bersinar ini bisa lebih optimal kedepan,” tutupnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

var bs_pagination_loc = {"loading":"
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div><\/div>"};