Jelang Tahun 2020 Harga Daging dan Ikan Naik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Harga daging sapi, ayam dan ikan di salah satu pusat perbelanjaan Kota Kendari, yakni Pasar Basa Mall Mandonga dan Pasar Korem kini sudah mulai merangkak naik.

Salah satu penjual ikan di pasar Basa Mall Mandonga, Ruslan, mengatakan hampir semua jenis ikan di akhir tahun 2019 ini sudah naik harganya seperti ikan rumah-rumah, ikan tuna, ikan kerapu, ikan putih, cumi-cumi.

“Dulu ikan rumah-rumah masi bisa di jual Rp 20 ribu sampai Rp25 ribu perkilo, tapi saat ini kami jual dengan harga R 25 ribu sampai Rp30 ribu perkilo sesuai ukuran ikan, sedangkan ikan tuna saat ini harganya sudah Rp 27.500 perkilo naik Rp2500,” kata Ruslan, Selasa (31/12/2019).

Untuk jenis ikan lainnya seperti ikan kerapu perkilo Rp 60 ribu, cumi-cumi Rp50 ribu, ikan putih Rp 50 ribu perkilo.

“Naiknya harga ikan ini baru dua hari, penyebabnya karena banyak penangkap ikan sudah tidak melaut lagi jadi stok sedikit. Ini momen tahun baru pengunjung juga banyak dulu kita jualan sampai malam tapi kini kita jualan sampai sore saja,” ujar Ruslan.

Fortune

Sementara itu, penjual ayam di Pasar Korem, Imran, mengatakan harga ayam mulai dari Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu per ekor.

“Jadi saya menjual sesuai ukuran ayamnya, kalau yang besar Rp70 ribu yang agak kecil Rp 60 ribu. Harganya sudah naik menjelang Natal dan tahun baru ini dulu masi bisa kita jual Rp 50 ribuan,” ungkap Imran.

Sementara itu harga daging sapi perkilo Rp 125 ribu yang sebelum nya perkilo pedagang menjualnya Rp 120 ribu perkilo.

Untuk komoditi lainnya seperti bawang merah perkilo Rp 40 ribu bawang putih Rp38 ribu. Cabe merah besar Rp20 ribu, cabai merah kriting Rp30 ribu, cabai rawit hijau Rp 60 ribu, cabai rawit merah Rp 93 ribu perkilo.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.