Iklan Clarion

Kantor Bahasa Sultra Membawa Gerakan Literasi Bagi Anak di Buton Utara

SULTRAKINI.COM: Tim literasi dari Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) membawa program literasi bagi anak-anak di Kabupaten Buton Utara, Senin (11/3/2019). Program ditujukan untuk mengasah keterampilan membaca dan menulis siswa di wilayah setempat.

Adapun sekolah yang disasar untuk dua hari pertama adalah SDN 1 Lipu. Sedangkan hari ketiga dan keempat dilaksanakan di SDN 1 Kalibu.

Suasana di hari pertama, anak-anak SDN 1 Lipu begitu bersemangat. Salah satu narasumber, Rahmawati, memberikan contoh-contoh gambar sebagai bahan tulisan bagi siswa.

Salah seorang guru SDN 1 Lipu, La Sumi, menyambut gembira hadirnya program dari Kantor Bahasa Sultra tersebut. Sebab, program itu akan membantu peserta didiknya mengembangkan potensi di bidang menulis.

“Mewakili kepala sekolah, selaku guru di tempat ini, saya menyambut positif kegiatan literasi dari kantor bahasa. Melalui program ini, anak-anak dapat mengembangkan potensinya di bidang kepenulisan secara maksimal,” ucap La Sumi.

Aktivitas tim literasi dari Kantor Bahasa Sultra di Kabupaten Buton Utara, Senin (11/3/2019). (Foto: Dok.Kantor Bahasa Sultra)

Di hadapan para siswa, narasumber menyampaikan kiat-kiat menulis. “Anak-anak sekalian, ayo menulis dari hal paling dekat dengan dirimu. Boleh tentang dirimu sendiri, keluarga, sekolah, lingkungan, bahkan pengalaman ke pasar,” jelas Rahmawati di hari pertama kegiatan.

Selama dua hari kegiatan tersebut, sebanyak 40 siswa SDN 1 Lipu akan diajak dalam aktivitas menulis. Empat jam dalam sehari, memungkinkan mereka dapat mengeksplorasi kemampuannya untuk menulis.

Aktivitas tim literasi dari Kantor Bahasa Sultra di Kabupaten Buton Utara, Senin (11/3/2019). (Foto: Dok.Kantor Bahasa Sultra)

Dijelaskan Kepala Kantor Bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan, gerakan literasi bagi anak-anak merupakan program unggulan di lembaga itu. Anak-anak dapat belajar mengembangkan potensi diri melalui membaca dan menulis yang dibantu oleh narasumber.

“Kami mengutus narasumber dari kantor bahasa untuk berbagi pengetahuan bagi anak. Anak-anak diperkenalkan literasi dasar, yakni membaca dan menulis. Anak-anak akan diperkenalkan contoh bacaan, lalu mereka akan menulis sendiri pengalaman dan imajinasinya yang ditimba dari dunia kesehariannya,” jelas doktor lulusan UGM tersebut.

(Baca juga: Kantor Bahasa Sultra Rangsang Literasi Anak Lewat Pengembangan Diri)

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.