Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Pentingnya Imunisasi Dijawab Pihak Puskesmas Palangga dengan Sosialisasi

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pihak Puskesmas Palangga, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pemberian imunisasi bagi balita.

Kepala Puskesmas Palangga, Amrin mengatakan imunisasi merupakan salah satu program peningkatan kesehatan masyarakat. Upaya diberikan pihaknya dengan sosialisasi pentingnya imunisasi. Sejumlah jenis imunisasi turut diperkenalkan, seperti Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin (BCG), berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC).

Selanjutnya Imunisasi difteri, pertusis, dan tetanus (DPT) untuk tetanus dan influenza. Terakhir Vaksin campak, yakni vaksin yang sangat efektif untuk mencegah penyakit campak untuk usia 9 bulan.

“Bagaimana meningkatkan kemauan imunisasi dari masyarakat, agar anak anak balita kita umur 0-11 bulan sudah mendapatkan imunisasi dasar angka,” kata Amrin, Rabu (30/5/2018).

Menurutnya, pemberian Imunisasi BCGsebnyak satu kali, DPT tiga kali, polio empat kali untuk 0-11 bulan.

“Itu dalam imunisasi harus lengkap, agar bayi kita sehat,” ujar Amrin.

Sosialisasi juga membahas 1000 hari kehidupan, yakni 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan anak. Di fase tersebut, pemberian nutrisi sangat penting, termasuk ASI yang nantinya berdampak jangka panjang di usia dewasanya.

“Saya berharap, cakupan program kita meningkat, masyarakat dan anak-anak kita bisa hidup sehat, karena di tingkat desa kami terus lakukan koordinasi. Kedepan akan ada sosisialisasi tingkat desa,” lanjutnya.

 

Laporan: Adryan Lusa
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.