Tingkat Pelayanan, Imigrasi Baubau Pindah Kantor

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Demi meningkatkan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kota Baubau pindah dari Jalan Muhammad Husni Tamrin, Kelurahan Tomba, Kecamatan Wolio ke Jalan Raya Palagimata, Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kota Baubau, Muhammad Yusuf saat sukuran rampungnya pembangunan gedung baru tersebut.

Menurut Muhammad Yusuf, sebenarnya pembangunan kantor Imigrasi diselesaikan dua pekan lebih cepat dari kontrak yang telah ditentukan. Pembangunan gedung dengan luas keselurahan 4000 meter persegi itu terdiri dari 1 Kantor Imigrasi, 12 kamar Wisma, 4 rumah dinas.

“Pembangunan gedung kantor, wisma, dan rumah dinas pada kantor Imigrasi kelas III non TPI ini sudah rampung, makanya kami mengadakan sukuran,” ungkapnya, Senin (23/122019).

Dia menambahkan dengan kantor baru tersebut pihaknya akan berupaya secara optimal untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Utamanya, pada wilayah kerja Kantor Imigrasi Kota Baubau yang meliputi Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Kabupaten Muna, Kabupaten Muna barat, dan lima kecamatan yang tersebar di kabupaten Bombana.

“Kami berusaha melakukan pembenahan dalm pelayanan untuk masyarakat yang dapat didukung dengan fasislitas dan sumber daya manusia yang memadai,” ujar, Yusuf.

Yusuf juga berharap agar pemerintah Kota Baubau bisa memberikan perhatian pada kondisi jalan masuk kantor imigrasi yang masih berupa jalan pengerasan. Pihaknya, merasa khawatir ada beberapa pemohon yang pulang balik kantor dengan kondisi jalan tersebut.

“Saat musim panas akan berdebu dan kalau hujan mudah tergelincir, jadi besar harapan kami agar pemerintah memberi perhatian supaya jalannya segera di aspal. Pasalnya, ada beberapa pemohon yang sempat tergelincir karena hujan dan bentuk jalannya agak curam. Ini bukan untuk kami ya, tapi untuk masyarakat yang melakukan pengurusan berkas,” harapnya.

Selain itu, kata Yusuf dengan posisi kantor imigrasi cukup jauh dari permukiman. Dengan demikian, pihaknya memberi bantuan bagi pemohon yang lupa menggandakan berkas administrasi secara gratis. “Hal ini kami lakukan agar tidak mempersulit masyarakat dalam pelayanan,” katanya.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi Kantor Imigrasi yang kini menempati gedung baru. Ia berpesan agar adanya klantor baru itu dapat menjadi motivasi kepada seluruh karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. “Termasuk disiplin dalam menjalankan tugas,” harapnya.

Untuk diketahui, Selain Kota Baubau, AS Tamrin, sukuran kantor baru imigrasi tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Sofyan, Wakil Bupati Buton, Iis Eliyanti, Wakil Kapolres Kota Baubau, Dandim 1413/BUTON dan Forkopimda se Kota Baubau.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.