Iklan Clarion

Wali Kota Kendari Mau Naikkan Gaji Petugas Kebersihan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Honor tenaga kebersihan Kota Kendari bakal dinaikkan. Armada mobil pengangkut sampah juga dilakukan peremajaan. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan kedua hal itu bertujuan memaksimalkan penanganan sampah di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

“Tahun depan kita akan pengadaan untuk mengremajakan beberapa armada kita. Termaksud, bulan ini kita lakukan penyesuaian honor tenaga kebersihan, insya Allah bulan Mei kita naikkan supaya mereka lebih semangat,” ucap Sulkarnain, Kamis (9/5/2019).

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Petugas kebersihan hingga kini digaji Rp 900 ribu per bulan dengan dua jam kerja. Sementara Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari memiliki 30an mobil pengangkut sampah untuk mengangkut 150 ton sampah per hari dari 260 ton sampah.

Ditambahkan Kepala DLHK Kota Kendari, Paminuddin, jumlah kendaraan itu kurang menangani masalah sampah di Kota Kendari. Ke depan ditargetkan, penambahan kendaraan hingga mencukupi sekitar 50 unit.

“Armada yang tersedia hanya 36 dan sudah tua sehingga hanya mampu mengangkat 150 ton per hari dan 110 ton sisanya tidak terangkut. Haruanya dibutuhkan sekitar 50 armada truk untuk mengangkut seluruh sampah,” jelas Paminuddin.

Persoalan sampah di Kota Kendari menjadi perhatian khusus Pemkot Kendari. Terlebih, volume sampah meningkat dari tahun ke tahun serta di kala Ramadan. Umumnya, sampah dihasilkan masyarakat adalah sampah rumah tangga anorganik. (Adv)

(Baca: DLHK Kendari Tambah Waktu Angkut Sampah Selama Ramadan)

(Baca juga: Fakta Seputar Sampah di Kota Kendari)

Laporan: Ade Putri
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.