Calon Pengantin Wajib Mewakafkan Al-Quran ke Hafiz Sebelum Akad

  • Bagikan
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Rahman Ngkaali (Foto: Aisyah Welina/SULTAKINI.COM)
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Rahman Ngkaali (Foto: Aisyah Welina/SULTAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penghafal Al-Quran di Kota Baubau, Kementerian Agama Kantor Wilayah Kota Baubau menghimbau kepada setiap calon pengantin wajib untuk sedekah Al-Quran sebagai salah satu prosedur yang dilewati selama pengurusan berkas pernikahan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Rahman Ngkaali saat ditemui seusai mengikuti acara penutupan festival santri di Islamic Center Kota Baubau, Selasa, 24 November 2020.

Rahman mengatakan, himbauan tersebut saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada pihak pemerintah daerah yang paling dekat dengan masyarakat misalnya dari RT, RW dan pihak kelurahan, serta kecamatan untuk kemudian dapat diteruskan kepada masyarakat Kota Baubau.

“Supaya nanti mereka tidak kaget dan menganggap ini sebagai dana tambahan bukan tidak ada hubungannya dengan pelaksanaan nikah, tetapi ini kewajiban kita menghimbau kepada umat islam, terutama yang mau nikah untuk hibah alquran,” katanya.

“Intinya ini bukan tambahan biaya nikah, keikhlasan, kita hanya mengajak umat muslim untuk bersedekah,” sambungnya.

Adapun jumlah Al-Quran yang diwakafkan tidak ditentukan, minimal satu pasangan calon pengantin bisa mewakafkan satu al quran hafiz.

Rahman menjelaskan, Al-Quran tersebut khusus untuk penghafal alquran yang memenuhi standar al-quran hafiz.

Baca:   Waspada Kebakaran, BMKG Baubau: Kemarau Diprediksi Hingga November

“Al-Quran khusus untuk hafiz karena memang quran ini akan kita salurkan ke rumah-rumah tahfiz, TPA/TPQ, ada juga pondok pondok pesantren yang program tahfiz,” tutupnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan