DPD PDIP Sultra Gelar Rakerda Persiapan Pemilu 2024

  • Bagikan
Suasana Rakerda DPD PDI-P Sultra (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Suasana Rakerda DPD PDI-P Sultra (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Kegiatan tersebut sebagai evaluasi dan persiapan menghadapi Pemilu 2024 kedepan.

Rakerda yang dihadiri oleh seluruh kader PDIP se- Sultra ini sebagai bentuk konsolidasi internal partai mulai tingkat DPD, DPC,PAC, Ranting, Anak Ranting hingga tingkat paling bawah, dalam menghadapi momentum pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah mendatang.

Ketua Umum DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, terdapat empat poin yang menjadi intisari pergelaran Rakerda. 

Pertama, yaitu evaluasi Pilkada 2020. Pada Pilkada tersebut PDIP Sultra berhasil meraih kemenangan di lima kabupaten dari tujuh kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak.

“Evaluasi Pilkada 2020 kita meraih kemenangan di 5 kabupaten dengan presentase 71 persen,” ujarnya, Selasa (29/6/2021).

ibu alimazi

Kedua, kata Lukman Abunawas yaitu penerapan ideologi Pancasila bahwa semua kader dipastikan dengan baik menjalankan nilai-nilai Pancasila. Dan Ketiga, yaitu penguatan pengkaderan dalam artian komposisi struktur di semua lini partai terisi dengan baik.

Terakhir yaitu konsolidasi penguatan struktur. Sebelumnya DPD saat Rakercab pada bulan Mei telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) di 231 Kecamatan se Sultra.

Baca:   15 Parpol Penuhi Syarat Pilcaleg, 1 Gugur

“Hasil evaluasi keempat poin tersebut, dinyatakan sukses terealisasi sesuai target yang dicanangkan. Suksesi pengkaderan ini bagian dari persiapan kerja politik menatap Pemilu 2024,” jelasnya.

Lukman Abunawas menjelaskan, perihal fundamental lainnya dalam Rakerda tersebut yakni konsolidasi internal struktur partai, termasuk konsolidasi kader yang menjabat di legislatif dan eksekutif. Dan menyeleraskan visi misi maupun program yang akan dijalankan kedepan.

“Saat ini PDIP memiliki 10 Bupati dan 4 Wakil Bupati di Sultra. Kedepan kami berupaya meningkatkan pencapaian tersebut,” tandasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan