Pengamat Sebut Pasangan Asli Berpotensi Menang Pilwali Kendari

  • Bagikan
Abdul Razak dan Andi Sulolipu. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Meski pemilihan wali kota dan wakil wali kota Kendari diagendakan pada 2024, sejumlah nama mulai bermunculan dan menyatakan diri akan bertarung pada pesta demokrasi tersebut.

Salah satu pasangan bakal calon Abdul Razak dan Andi Silolipu termasuk menyatakan diri maju di pemilihan tersebut.

Razak merupakan Anggota DPRD Kendari dan pernah menduduki kursi ketua saat itu. Ia juga pernah bertarung dalam pilwali sebelumnya.

Begitupun dengan Andi Silolipu menjabat anggota DPRD Kendari dari Partai PDI Perjuangan. Dia anggota legislatif yang dikenal rajin turun di lapangan memperjuangan aspirasi masyarakat.

Pasangan tersebut menurut pengamat politik dari Universitas Haluoleo Kendari, Najib Husain berpotensi memenangi Pilwali Kendari 2024. Ada empat alasan keduannya berpotensi menang dalam pertarungan itu.

Pertama, Abdul Razak memiliki basis suara yang jelas berbeda dengan calon lain. Kekuatan suara Abdul Razak ada di Dapil Abeli. Begitupun dengan Andi Silolipu memiliki potensi suara di Dapil Kendari Barat.

“Alasan kedua adalah keduanya didukung oleh partai besar. Abdul Razak didukung Partai Nasdem dan Andi didukung Partai Gerinda yang punya jaringan cukup kuat sehingga kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan,” ujar Najib Husain, Senin (5/7/2021).

Selain itu, kata Najib Husain, yang akan menjadi suara dari bagi pasangan tersebut adalah konfigurasi dari dua etnis besar di Kota Kendari, yaitu Tolaki dan Bugis.

Baca:   Jaringan Sabu di Kendari Ditangkap, Paket Bening Diduga Sabu 22.93 gram Diamankan

Alasan keempat, pasangan ini akan saling melengkapi satu sama lainnya. Kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

“Keempat alasan ini bisa membuat pasangan yang berakronim Asli ini cukup kuat untuk terus menambah elektabilitas sebelum hari Pilwali Kendari 2024,” ucapnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan