Pertama di Sultra Pernikahan Unik dengan Mahar Saham, Kepala Bursa Efek Sultra Sebut Efek Meningkatnya Minat Investasi

  • Bagikan
Pasangan pengantin La Ode Mubarak dan Nur Anisa, (Foto: Ist) 
Pasangan pengantin La Ode Mubarak dan Nur Anisa, (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pertama kali terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra), seorang pria bernama Laode Mubarok asal Kabupaten Muna menikahi seorang wanita pujaan hatinya bernama Nur Anisa dengan memberikan mahar pernikahan berupa saham.

Prosesi pernikahan yang terbilang unik ini berlangsung di kediaman mempelai wanita di Dusun II Desa Awo, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (25/5/2021). 

Mahar yang diberikan oleh mempelai pria tersebut berupa saham dari salah satu perusahaan BUMN tempat dia bekerja dengan kode saham ANTM sebanyak 31 lot. Jika dirupiahkan senilai Rp7.037.000.

Salah satu kerabat dekat mempelai pria, Laode Muslim membenarkan mahar yang diberikan berupa saham. Namun ada juga cicin 4 gram dan uang tunai.

Ayah Nur Anisa, H Tamrin mengaku bahagia dengan pernikahan anak kesepuluhnya itu. Anisa belum lama ini telah menyelesaikan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi di Kota Kendari akhirnya sudah menemukan jodohnya. Sang Ayah pun bahagia dengan mahar yang diberikan kepada anaknya.

“Iya, maharnya berupa saham. Tapi selain saham, ada juga emas dan uang tunai,” kata Tamrin, Selasa (25/5/2021), dikutip dari Detik.com.

ibu alimazi

Penggunaan mahar dengan saham ini, Bursa Efek Indonesia wilayah Sultra mencatat seiring dengan meningkatnya literasi dan minat investasi kaum milenial di Pasar Modal. Sehingga penggunaan mahar saham untuk acara pernikahan sudah mulai lazim dan merupakan hal baru serta unik.

Baca:   Pemda Wakatobi Kucurkan Rp 15 Miliar untuk 25 Kelurahan

Pelaksana Harian Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Sulawesi Tenggara, Ricky mengatakan mahar pernikahan itu merupakan hal baru dan unik yang terjadi di Sultra dengan menggunakan saham dari PT Aneka Tambang Tbk dengan kode saham ANTM sebanyak 31 lot. 

“Untuk diketahui harga saham PT Aneka Tambang Tbk pada tanggal 24 Mei 2021 adalah sebesar Rp2.270. Jadi nilai untuk 31 lot saham PT Aneka Tambang Tbk itu sekitar Rp7.037.000,” ujar Ricky, Selasa (25/5/2021)

Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia sendiri, sangat mengapresiasi penggunaan mahar saham ini, karena ini menggambarkan masyarakat Sultra yang semakin melek akan investasi 
khususnya investasi di Pasar Modal. 

“Kedepannya kami berharap saham dapat digunakan untuk berbagai macam hal selain mahar pernikahan, contohnya adalah saham dapat digunakan sebagai hadiah, souvenir maupun cinderamata,” ungkap Ricky. (B)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan