PT BMR Cetuskan Program Kabaena Pintar untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan

  • Bagikan
Pelajar dan masyarakat umum dari desa lingkar PT BMR diberi pelatihan komputer. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – PT Bukit Makmur Resource (BMR) yang beroperasi di Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencetuskan program Kabaena Pintar sebagai bentuk kontribusi hadirnya perusahaan.

Supervisor Comumunity Development PT BMR, Rosnita, menjelaskan bahwa Kabaena Pintar adalah sebuah program dari PT BMR untuk mencerdaskan anak-anak dan masyarakat di sekitar perusahaan khususnya dalam bidang komputer.

loker wartawan sultrakini

Program ini menyasar anak-anak sekolah mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA, bahkan pemuda dan pemudi desa yang putus sekolah di empat desa yakni Desa Mapila, Sangia Makmur, Tedubara dan Wumbulasa, dibimbing dan dikenalkan dengan cara penggunaan teknologi komputer.

Saat ini, ada empat kelas yang dibuka dalam program ini yaitu dua kelas untuk tingkat SMP dan dua kelas untuk umum.

“Awalnya hanya satu kelas, dan Alhamdulillah sekarang ini terus berlanjut bahkan sudah 4 kelas. Jadi dua kelas khusus untuk siswa SMP dan dua kelas untuk guru-guru SD, guru SMP, aparat desa dan para tamatan SMA”, jelas Rosnita, melalui press rilisnya yang diterima awak media ini, Senin (28 November 2022).

Program mulia ini sudah berjalan sejak bulan Oktober 2021 lalu dan rencananya akan terus berlanjut guna membentuk dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar siap kerja.

Baca:   Satgas Covid-19 Bombana Subsidi Beras 80 Ton

“Karena anak-anak sekolah di sini masih banyak yang belum paham dengan penggunaan komputer, sehingga kami bertekad untuk melatih mereka sebagai wujud kepedulian kami terhadap pendidikan masyarakat di sekitar perusahaan”, ungkap Rusnita.

Lanjutnya, kelas komputer merupakan tahap awal dari realisasi program pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan yang telah dicanangkan oleh PT BMR. Kedepan kata dia, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan program pendidikan tersebut.

“Jadi tidak hanya mata pelajaran komputer saja, kami juga akan membuka mata pelajaran lain, seperti bahasa inggris. Bahkan akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan program ini,” ujarnya.

Dengan adanya program ini dia berharap anak-anak maupun masyarakat di sekitar perusahaan bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan sehingga ke depan tidak menutup kemungkinan mereka bisa direkrut menjadi karyawan perusahaan.

Sebagai informasi, PT BMR merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemurnian nikel dan saat ini sedang membangun pabrik pemurnian nikel di Desa Mapila Kecamatan Kabaena Utara Kabupaten Bombana.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan