Sedot Ratusan Miliar, Tower Bank Sultra Belum Juga Difungsikan

  • Bagikan
Tower Bank Sultra (Foto: Dok.Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tower Bank Sultra di Jalan Malik Raya, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari tidak kunjung difungsikan. Meski kembali dijanjikan akan diresmikan pada 2021, keberadaan bangunan 14 lantai ini mengundang komentar dari DPRD Sultra.

Pembangunan tower Bank Sultra telah menghabiskan anggaraan Rp 116 miliar. Kini, gedung yang dibangun sejak lima tahun lalu itu kembali menyedot anggaran Rp 40 miliar untuk pengerjaan interior dan eksterior serta tahap penyelesaian lainnya.

Awalnya, bangunan ini akan diresmikan bersamaan dengan HUT Bank Sultra ke-51 pada Maret 2019, namun batal. Kemudian direncanakan kembali pada 2020, namun tidak kunjung terealisasi dengan alasan adanya pandemi Covid-19.

Bahkan beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sultra pernah berkunjung untuk memastikan kendala proses pembangunan gedung yang dibangun di masa pemerintahan Gubernur Nur Alam tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Sultra, Farhana Mallawangan mempertanyakan bangunan tersebut yang belum termanfaatkan.

“Apakah sudah selesai 100 persen atau belum. Padahal kita ketahui bersama gedung semegah apapun jika dibiarkan kosong akan rusak,” ucapnya, Rabu (24/2/2021).

Ketika rusak, kata dia, pemerintah akan mengeluarkan anggaran lagi untuk biaya perbaikan. Sementara gedung tersebut belum pernah difungsikan. Padahal, dengan berfungsinya bangunan bisa menambah pendapatan daerah melalui penyewaan lantai bangunan bagi pengusaha tambang.

Baca:   Sejak Lahir Diberi Susu 'Cap Enak' Bayi di Kendari Alami Gizi Buruk

Ia berharap, tower Bank Sultra segera dituntaskan dan dimanfaatkan.

“Jika ini terealisasi, kita akan mendapatkan tambahan pendapatan asli daerah. Kalau belum selesai, diselesaikan. Tetapi kalau sudah selesai segera dimanfaatkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Direktur Umum sekaligus Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif menyatakan, peresmian tower Bank Sultra diagendakan Agustus 2021. Nantinya pihak bank akan menggunakan tujuh lantai bangunan, selebihnya akan disewakan. (C)

(Baca juga: Gedung Tower Bank Sultra Ditempati Agustus 2021 Mendatang)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan