Atlet Atletik PPLP Sultra Latihan Rutin Jelang Popnas 2019

  • Bagikan
Pelatih atletik PPLP Sultra, Asyhari Achmad. (Foto: M. Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Pelatih atletik PPLP Sultra, Asyhari Achmad. (Foto: M. Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sepuluh atlet atletik binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Sulawesi Tenggara mulai digenjot dengan latihan rutin. Mereka dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Papua pada 2019. Cabang olahraga tidak melalui pra kualifikasi di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) seperti beberapa cabor lainnya.

Pelatih atletik PPLP Sultra, Asyhari Achmad, mengatakan sepuluh yang dipersiapkan menghadapi Popnas, terdiri lima atlet putra dan lima putri. Mereka sedang menjalani proses latihan lima kali dalam sepekan. Namun, tiga bulan jelang Popnas dihelat, pihaknya akan meningkatkan kuantitas dan kualitas latihan para atlet.

“Kami terus melatih agar stamina mereka tetap terjaga, pasalnya atletik ini merupakan cabor terukur. Kendati, capaian limit waktu para atletik rata-rata mencapai limit yang ditetapkan. Bahkan beberapa di antaranya berada dibawah standar limit waktu yang ditetapkan. Misalnya, lari 400 meter dengan limit standar 53 detik, maka atlet kita hanya membutuhkan 50 detik,” jelas Asyhari, Rabu (12/9/2018).

Sepuluh atlet tersebut, kata Asyhari, dipersiapkan untuk berlomba delapan nomor pertandingan di lari 400 meter putra/putri, 200 meter putri, 5.000 meter putra, lari estafet 4×400 meter putra/putri. Nomor lari steeplechase (lari lewati rintangan) 2.000 meter putra, jalan santai 5 kilometer putri dan lompat jauh putra.

Baca:   Tidak Hanya Sasaran Fisik, TMMD di Koltim Tunjang Kesejahteraan Warga dari Program Nonfisik

“Kalau menghitung nomor pertandingan dengan atlet yang dipersiapkan itu pasti tidak sesuai. Olehnya itu, ada beberapa atlet kita yang merangkap berlomba pada nomor tanding lain, utamanya lari estafet 4×400 meter. Kami memiliki banyak peluang medali pada nomor-nomor pertandingan ini,” ujar Asyhari kepada SultraKini.Com.

Kepala Bidang Prestasi Dispora Sultra itu, berharap para atlet bisa tampil maksimal dalam perhelatan Popnas 2019. Apalagi didukung dengan tahap persiapan yang memadai. “Kami berharap mereka bisa mengharumkan nama daerah di kanca nasional,” ucapnya.

Laporan: M. Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan