Bendungan Mini Program TMMD di Koltim Diresmikan, Camat: Ini Impian Warga yang Terwujud

  • Bagikan
Peresmian bendungan mini program TMMD ke-111 di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Bendungan mini hasil program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1412 Kolaka diresmikan, Selasa (13/7/2021). Camat Aere, Iwan, mengaku bendungan ini adalah impian masyarakat yang akhirnya terwujud.

“Ini sudah lama diidam-idamkan masyarakat kita, khususnya di Desa Pekorea dan alhamdulillah dengan program TMMD ke-111 baru terjawab harapan masyarakat. Kita bisa liat raut wajah masyarakat sekitar, kebahagiannya tergambar,” ujarnya.

Peresmian bendungan mini program TMMD ke-111 di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim. (Foto: Ist)

Di peresmian itu juga, satgas bersama masyarakat membuat syukuran atas tuntasnya pengerjaan bendungan. Nampak sejumlah anak-anak ikut bergembira. Mereka berenang di bendungan dengan riangnya.

(Baca juga: Bendungan Mini TMMD di Koltim Sukses Mengalir Deras, Warga Gembira Sampai Dandim Loncat ke Air)

Menurut Iwan, pembukaan sawah baru akan dijadikan alternatif untuk memajukan perekonomian dan membawa kesejahteraan masyarakat setempat. Artinya, sejumlah lahan yang tadinya perkebunan dialihfungsikan menjadi lahan persawahan.

Ke depannya juga, kata dia, pemerintah kecamatan akan mengupayakan pemetaan lokasi persawahan agar bisa diairi air dari bendungan mini tersebut.

“Dukungan kita selaku pemerintah kecamatan adalah kalau banyak yang cetak sawahnya, kita akan suarakan ke pemda untuk mendapatkan perhatian yang cukup besar di sini,” jelas Iwan.

Ia bersyukur, TMMD ke-111 mengambil sasaran di Kecamatan Aere. Di sini, tiga sasaran pokok direalisasinya, yaitu pembangunan bendungan di Desa Pekorea, pembangunan gereja di Desa Rubia, dan renovasi masjid di Desa Aere. Semua program ini tuntas sebelum jadwal penutupan TMMD. Serta sepuluh item program nonfisik TMMD.

Baca:   Renovasi Masjid Al Muhajirin Aere Program TMMD di Koltim Terus Digenjot

“Terima kasih saya kita pada Pemerintah Kabupaten Koltim, khususnya Ibu Bupati Koltim, Pak Danrem, Pak Dandim, dan seluruh masyarakat Kecamatan Aere, utamanya juga Pak Dandim bersama anggota dan tim TMMD atas hasil karya ini,” ucapnya.

(Baca juga: Manunggal TNI Wujudkan Asa di Pelosok Selatan Koltim, Ratusan Hektare Tanah Langsung Berubah Produktif)

Sementara itu, Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf. Risa WP.Setyawan berharap semua program fisik TMMD di Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim, Sulawesi Tenggara bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Tuntasnya program TMMD ke-111 juga tidak terlepas dari dukungan dan doa masyarakat Aere yang setiap bergotong royong bersama satgas selama sebulan penuh sehingga bisa terselesaikan dengan baik.

“Saya berharap ini bisa dijaga bisa membawa kebaikan kesejahteraan. Sawah-sawah yang tadinya hanya mengadalkan tadah hujan kini bisa diairi dengan baik, bisa sampai 200 hektare,” ucap Dandim.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan